RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI.
Sindangraja
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa
dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di
dalam dan luar kelas
Indikator Pencapaian : 1.1.1 Merespon dengan melakukan
tindakan secara berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat merespon dengan melakukan
tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik membedakan kata yang hampir sama
pengucapannya, guru bertanya
pada siswa meminta siswa
untuk menyebutkan beberapa kata yang berkaitan dengan hal tersebut.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan
secara berterima
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengarkan lagu yang di mainkan oleh guru.
F
Pada waktu
tersebut, guru meminta siswa mendengarkan kaset/CD dan menirukan
lagu tersebut dengan tepat.
F
Guru
dapat memutar kaset/CD dua
kali agar siswa dapat lebih yakin dengan ucapannya/pronounciation.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru membahas jawaban siswa secara
bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan
jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks English on Sky, Mukarto Sujatmiko, jilid 2, Erlangga
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Merespon dengan
melakukan tindakan secara berterima
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen and follow the you
hear.
Kaset/CD: (pengucapan kosa kata yang
harus dijawab
oleh siswa)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah MI. Sindangraja
|
Tasikmalaya,........................2013
Guru MAPEL Bahasa
Inggris
Irwan Septiawan, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar