Kamis, 20 Februari 2014

Contoh RPP Bahasa Inggris



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : MI. Sindangraja
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : I/1
Standar Kompetensi               : 1.      Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 1.1    Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas                                                          
Indikator Pencapaian              : 1.1.1 Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**            :  Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara  berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik membedakan kata yang hampir sama pengucapannya, guru bertanya pada siswa meminta siswa untuk menyebutkan beberapa kata yang berkaitan dengan hal tersebut.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan lagu yang di mainkan oleh guru.
F Pada waktu tersebut, guru meminta siswa mendengarkan kaset/CD dan menirukan lagu tersebut dengan tepat.
F Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan ucapannya/pronounciation.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks English on Sky, Mukarto Sujatmiko, jilid 2, Erlangga
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja


Responding

Listen and follow the  you hear.
Kaset/CD: (pengucapan kosa kata yang harus dijawab oleh siswa)

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah MI. Sindangraja
Tasikmalaya,........................2013
Guru MAPEL Bahasa Inggris





Irwan Septiawan, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar