Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
MAKALAH
MENDESKRIPSIKAN
PERANAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN
KOMUNIKASI DALAM
BAB I
PENDAHULUAN
Istilah teknologi informasi mulai
populer di akhir tahun 70-an. Pada
masa sebelumnya istilah teknologi
informasi biasa disebut teknologi
komputer atau pengolahan data
elektronis (electronic data processing).
Teknologi informasi didefinisikan
sebagai teknologi pengolahan dan
penyebaran data menggunakan perangkat
keras (hardware) dan
perangkat lunak (software), komputer,
komunikasi, dan elektronik digital.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
merupakan elemen penting
dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara. Peranan teknologi informasi
pada aktivitas manusia pada saat ini
memang begitu besar. Teknologi
informasi telah menjadi fasilitas
utama bagi kegiatan berbagai sektor
kehidupan dimana memberikan andil
besar terhadap perubahan –
perubahan yang mendasar pada struktur
operasi dan manajemen
organisasi, pendidikan, trasportasi,
kesehatan dan penelitian. Oleh karena
itu sangatlah penting peningkatan
kemampuan sumber daya manusia
(SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan
pengetahuan, perencanaan,
pengoperasian, perawatan dan
pengawasan, serta peningkatan
kemampuan TIK para pimpinan di lembaga
pemerintahan, pendidikan,
perusahaan, UKM (usaha kecil menengah)
dan LSM. Sehingga pada
akhirnya akan dihasilkan output yang
sangat bermanfaat baik bagi
manusia sebagai individu itu sendiri
maupun bagi semua sektor
kehidupan.
Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
BAB II
PERANAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
Peningkatan kualitas hidup semakin
menuntut manusia untuk
melakukan berbagai aktifitas yang
dibutukan dengan mengoptimalkan
sumber daya yang dimilikinya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
perkembangannya begitu cepat secara
tidak langsung mengharuskan
manusia untuk menggunakannya dalam
segala aktivitasnya.
Beberapa penerapan dari Teknologi
Informasi dan Komunikasi
antara lain dalam perusahaan, dunia
bisnis, sektor perbankan, pendidikan,
dan kesehatan.
A. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi banyak digunakan
para usahawan. Kebutuhan efisiensi
waktu dan biaya menyebabkan
setiap pelaku usaha merasa perlu
menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi
Informasi dan
Komunikasi menyebabkan perubahan bada
kebiasaan kerja. Misalnya
penerapan Enterprice Resource Planning
(ERP). ERP adalah salah
satu aplikasi perangkat lunak yang
mencakup sistem manajemen
dalam perusahaan, cara lama kebanyakan
B. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi
dan Komunikasi dimanfaatkan
untuk perdagangan secara elektronik
atau dikenal sebagai
E-Commerce. E-Commerce adalah
perdagangan menggunakan
jaringan komunikasi internet.
C. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi
Informasi dan Komunikasi adalah
diterapkannya transaksi perbankan
lewat internet atau dikenal dengan
Internet Banking. Beberapa transaksi
yang dapat dilakukan melalui
Internet Banking antara lain transfer
uang, pengecekan saldo,
pemindahbukuan, pembayaran tagihan,
dan informasi rekening.
D. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami
perkembangan seirng
perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan
pembelajaran sehari-hari
Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
sering dijumpai kombinasi teknologi
audio/data, video/data,
audio/video, dan internet. Internet
merupakan alat komunikasi yang
murah dimana memungkinkan terjadinya
interaksi antara dua orang
atau lebih. Kemampuan dan
karakteristik internet memungkinkan
terjadinya proses belajar mengajar
jarak jauh (E-Learning) menjadi
lebih efektif dan efisien sehingga
dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
E. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart
card) dapat digunakan juru medis
untuk mengetahui riwayat penyakit
pasien yang datang ke rumah sakit
karena dalam kartu tersebut para juru
medis dapat mengetahui riwayat
penyakit pasien. Digunakannya robot
untuk membantu proses operasi
pembedahan serta penggunaan komputer
hasil pencitraan tiga dimensi
untuk menunjukkan letak tumor dalam
tubuh pasien.
Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
BAB III
KESIMPULAN
A. SARAN
Semakin cepatnya perkembangan
Teknologi Informasi dan
Komunikasi menuntut manusia untuk
mencoba membuat perubahan
di segala jenis kehidupannya yang
tujuannya adalah mendapatkan
hasil maupun kondisi yang terbaik yang
dapat dicapai. Banyaknya
sektor kehidupan yang ada diharapkan
membuka inovasi baru bagi
kita untuk menciptakan sesuatu yang
baru untuk kemajuan
peradaban manusia. Namun semua inovasi
tersebut hendaknya
harus dibatasi oleh aturan hukum
negara dan budaya bangsa
B. PENUTUP
Semoga makalah ini dapat menggerakkan
manusia Indonesia
untuk lebih berkarya dan berinovasi
sesuai dengan karakteristik
masyarakat Indonesia sehingga mampu
meningkatkan image bangsa
di mata bangsa di dunia.
Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi.
Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya
e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication
(misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio
visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media
pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. sebagai media interpersonal dan massa ;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi
dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan
media konvensional.
Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami
keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda
talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi
melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan
dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list.
Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang
hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang
efektif seperti pada metoda ”usrah”.
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi
informasi :
•arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada
batasan waktu dan tempat;
•kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
•aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
•daya tampung meningkat,
•adanya standardisasi pembelajaran,
•meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet
bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer
dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat
dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online
conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi
melalui mailing list.
PENTINGNYA INTERNET di sekolah-sekolah
1 PEMBUKA
2 PENTINGNYA PENGUASAAN CARA MENGGUNAKAN INTERNET
3 INTERNET DAN PENDIDIKAN
Internet di Indonesia
umumnya membawa konotasi bisnis. Hal ini mungkin disebabkan Internet masuk
melalui Penyelenggara Jasa Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP)
yang sifatnya komersial. Maraknya bisnis “dotcom” menambah keyakinan bahwa
Internet adalah bisnis. Banyak yang tidak tahu bahwa Internet justru muncul
dari lingkungan pendidikan (dalam hal ini perguruan tinggi) dan lembaga
penelitian . Bahkan Internet baru boleh dipergunakan untuk bisnis di tahun
1995.
Nilai-nilai (values) yang ada di Internet kental dengan
nilai-nilai yang ada di lingkungan pendidikan. Sebagai contoh, konsep
menggunakan berkas secara bersama-sama (file sharring) digunakan untuk
melakukan penelitian dan pelaporan bersama-sama (research collaboration).
Kurangnya tingkat keamanan Internet yang menggunakan teknologi IP versi 4 ini
juga disebabkan tingkat kepercayaan yang tinggi di lingkungan perguruan tinggi
sehingga tidak membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Masih banyak
contoh-contoh lain.
Pendidikan yang ada di Indonesia
harus memiliki suatu jaringan internet dalam penyampaian inoformasi, sehingga
sekolah-sekolah yang ada di Indonesia
dapat bersaing dengan sekolah-sekolah luar negeri. Dengan kata lain internet
sebagai media informasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam
pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan.
· Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan
Banyak sekali manfaat Internet bagi dunia pendidikan. Akan
sulit menjabarkan secara rinci seluruh manfaat dari Internet bagi pendidikan
dalam makalah yang sangat terbatas ini. Secara singkat manfaatnya adalah
menghilangkan atau mengurangi hambatan dari akses ke sumber informasi.
Pada mulanya akses kepada sumber informasi harus melalui
media cetak seperti buku, journal dan technical report. Bagi institusi
pendidikan di Indonesia
(dan di berbagai tempat di dunia) ketersediaan materi ini sangat minim.
Perpustakaan sangat kekurangan materi referensi. Bagaimana kita dapat
berkompetisi jika tidak memiliki akses kepada sumber pengetahuan? Adanya
Internet memungkinkan kita mengakses informasi dari jarak jauh. Meskipun tidak
semua buku tersedia di Internet, materi lain sebagai alternatif banyak
tersedia. Dengan kata lain, kita mendapat kesempatan yang sama dengan saingan
kita di luar negeri.
Akses kepada sumber informasi dapat dilakukan langsung
kepada nara
sumber atau pakar di bidang yang diminati. Sebelum ada Internet, cara untuk
mengakses pakar adalah dengan menggunakan telepon dan fax atau langsung datang
ke tempat yang bersangkutan. Cara ini lamban (harus secara fisik pindah
tempat), mahal (biaya transportasi dan akomodasi), sulit mencocokkan waktu
(perbedaan waktu pagi dan malam menyulitkan untuk komunikasi dengan telepon),
serta masih adanya hambatan komunikasi secara verbal (kesulitan dalam segi
bahasa, dimana orang Indonesia sering kesulitan dalam berbicara dalam bahasa
Inggris tetapi lebih mudah dalam menuliskan apa yang ingin dikomunikasikan
kedalam sebuah email dalam bahasa Inggris). Adanya Internet mendobrak hambatan
ini sehingga lebih mudah bagi seorang siswa Indonesia untuk berkomunikasi
langsung dengan pakar di luar negeri.
Perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah
menghasilkan sebuahsistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem ini maka
seorang pelajar tidak perlu lagipergi kesekolah seperti layaknya sekolah
formal. Namun cukup meluangkan waktunyauntuk bertatap muka dengan dosen atau
guru lewat monitor komputer.Demikian jugapelajar tidak hanya memperoleh
informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaanbahkan harus pergi ke
perpustakaan untuk memperoleh pengetahuan, namun cukup ada didepan monitor,
pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia. Bahkan seorang guru akandengan
mudah mencari bahan ajar yang sesuai dengan bidangnya dan juga seorang
siswadapat mendalami ilmu pengetahuan yang didapatkan dengan didukung kemampuan
untukmencari informasi tambahan diluar yang diajarkan oleh guru. Demikian pula
masyarakat( wali murid,Dewan pendidikan dan komite sekolah ) juga dapat
memberikan masukandan mengontrol sekolah dalam memilih dan menggunakan buku
pendidikan yangberkualitas. Dengan demikian akan terjadi perubahan pola pikir
serta kreatifitas guru dansiswa serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat
, sehingga memiliki wawasan berpikir yang lebih maju dan lebih mudah mencerna
informasi yang masuk .
· Hambatan Implementasi Internet di Lingkungan Pendidikan
Pada bagian terdahulu telah dijabarkan manfaat Internet bagi
pendidikan. Implementasi Internet di lingkungan pendidikan, khususnya di
sekolah, ternyata tidak mudah. Banyak hambatan yang harus dihadapi, antara
lain:
Tidak adanya atau sulitnya pendanaan untuk mengadakan
fasilitas Internet (perangkat keras, perangkat lunak, konektivitas ke
Internet). Masalah ini kami coba pecahkan dengan mendekati vendor, bank dan
institusi finansial untuk memberikan bantuan khusus kepada sekolah yang ingin
terhubung ke Internet. Pihak penyedia jasa telekomunikasi (PT Telkom dan ISP)
juga kami coba dekati untuk memberikan layanan khusus kepada sekolah. Pihak
swasta juga kami coba rangkul untuk menyediakan jasa akses secara berbayar akan
tetapi murah, seperti melalui warung Internet (warnet).
Belum tersedianya atau kurang guru-guru yang sudah mahir
Internet. Masalah ini dicoba dipecahkan dengan memberikan pelatihan (training)
kepada beberapa guru. Inisiatif yang sudah kami lakukan adalah dengan
memberikan pelatihan kepada guru-guru dari beberapa SMK di berbagai tempat di Indonesia .
Masih kurangnya dukungan dari Pemerintah dalam bidang
pendidikan. Kurikulum teknologi informasi sebaiknya sudah mulai diperkenalkan
di sekola-sekolah. Hal ini harus dipecahkan dengan melakukan sosialisasi dan
membantu menjabarkan materi atau kurikulum di sekolah tersebut. Sebagai contoh,
kami mencoba membantu untuk merumuskan standar kompetensi yang dapat diacu oleh
SMK dalam mendidik siswanya. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk
Politeknik dan level pendidikan lainnya.
Dukungan Pemerintah dalam hal penyediaan infrastruktur
(seperti listrik dan telekomunikasi) dirasa masih kurang. Banyak sekolah yang
tertarik untuk menggunakan Internet namun secara fisik belum memungkinkan (jauh
dari fasilitas telekomunikasi). Kami menyadari bahwa bentuk geografis yang
tersebar membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Akan tetapi kami merasa
bahwa investasi di bidang ini bukan merupakan sesuatu yang sia-sia, bahkan
merupakan sesuatu yang sangat esensial.
Kurangnya materi pendidikan berbahasa Indonesia yang
tersedia secara online di Internet. Masalah ini kami coba pecahkan dengan
mengajak berbagai pihak untuk membuat karya-karya yang dapat di-online-kan. Di
beberapa perguruan tinggi di Indonesia ,
materi kuliah sudah tersedia di website para dosen. Hal yang serupa dapat
dilakukan di sekolah-sekolah.
4 PEMASANGAN INTERNET PADA SEKOLAH
Dalam usaha untuk menghubungkan sekolah-sekolah dengan
internet, maka Pemerintah mengadakan program seperti Schoolnet yaitu pembuatan
jaringan internet pada sekolah-sekolah, serta mengadakan pelatihan-pelatihan
untuk guru dan staf tata usaha mengenai komputer dan internet.
5 PENUTUP
Internet sebagai media penyampain informasi mempunyai
peranan yang sangat penting, khususnya dalam dunia pendidikan. Manfaat yang
diberikan internet sangat besar dalam kemajuan sekolah. Agar internet sebagai
media informasi dapat digunakan secara optimal di sekolah-sekolah maka perlu
adanya peningkatan mutu sumber daya manusia dan penyediaan Prasarana yang
memadai. Semoga Pemerintah selalu mendukung dalam upaya peningkatan penggunan
internet yang pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan.
Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan
Nopember 17, 2007 · 12 Tanggapan
Internet Sebagai Media Pendidikan
(Belajar dan Studi Banding Lewat Situs Sekolah, Yuk!)
/Satu/
/Dua/
Suatu kali saya sedang duduk di warung internet (warnet). Di sebelah saya duduk seorang anak, berumur delapan atau sembilan tahun (menurut perhitungan acak saya). Sepejam saya terpana, begitu lihai jemari mungilnya memainkan keyboard komputer. �Bah, anak sekecil ini saja betapa lihai berteknologi,� umpat saya dalam hati. Kalau diperturutkan godaan sentimental yang memercik dalam diri saya, sungguh, saya �cemburu� sambil bergerutu: �Kenapa ketika seusia dia, saya belum bisa menikmati apa yang dia nikmati sekarang ini. Ini tidak adil!�
Tapi api �kecemburan� itu buru-buru saya padamkan, saya siram. Saya bagi rata pandangan ke seputar ruang warung internet, api itu kembali terpercik, sebab orang-orang yang berseragam sekolah yang tertangkap mata. Bahkan, perasaan �tidak jantan� itu menjurus ke hal yang lebih ekstrim. Semula saya pertahankan untuk tidak, tapi pertahanan saya patah. Tiba-tiba bergeloralah ia, adalah buruk sangka di dada: �Mereka itu pasti sedang melototi situs berlabel tujuh belas tahun ke atas. Kaliankan pelajar, alangkah indahnya jika kalian klik situs-situs pendidikan.� Saya menjadi geram sendiri, padahal belum tentu mereka melakukan apa yang saya tuduhkan.
/Tiga/
/Empat/
Sekali waktu, ketika duduk di warung internet (warnet), saya tetap ingin melihat seorang anak kecil (atau lebih) yang duduk serius di depan internet. Tentu dalam perasaan yang benar-benar �bersih� dari rasa �cemburu� terhadap kelihaiannya berinternet. Percayalah, saya tidak akan mengumpat: �Bah, anak sekecil ini saja betapa lihai berteknologi,� melainkan mensyukurinya: �Alhamdulillah, anak sekecil ini sudah jago berteknologi�. Saya juga ingin tetap mendapatkan anak-anak yang berseragam sekolah disana . Diharapkan
tentunya, saat itu saya tidak digelimangi rasa buruk sangka, tapi hati saya
sepenuhnya digelimangi elok sangka: �Mereka
itu pasti sedang membentangkan situs www.sekolah-online.net atau
www.isekolah.org di layar internet�.
Amin.
(Belajar dan Studi Banding Lewat Situs Sekolah, Yuk!)
/Satu/
/Dua/
Suatu kali saya sedang duduk di warung internet (warnet). Di sebelah saya duduk seorang anak, berumur delapan atau sembilan tahun (menurut perhitungan acak saya). Sepejam saya terpana, begitu lihai jemari mungilnya memainkan keyboard komputer. �Bah, anak sekecil ini saja betapa lihai berteknologi,� umpat saya dalam hati. Kalau diperturutkan godaan sentimental yang memercik dalam diri saya, sungguh, saya �cemburu� sambil bergerutu: �Kenapa ketika seusia dia, saya belum bisa menikmati apa yang dia nikmati sekarang ini. Ini tidak adil!�
Tapi api �kecemburan� itu buru-buru saya padamkan, saya siram. Saya bagi rata pandangan ke seputar ruang warung internet, api itu kembali terpercik, sebab orang-orang yang berseragam sekolah yang tertangkap mata. Bahkan, perasaan �tidak jantan� itu menjurus ke hal yang lebih ekstrim. Semula saya pertahankan untuk tidak, tapi pertahanan saya patah. Tiba-tiba bergeloralah ia, adalah buruk sangka di dada: �Mereka itu pasti sedang melototi situs berlabel tujuh belas tahun ke atas. Kaliankan pelajar, alangkah indahnya jika kalian klik situs-situs pendidikan.� Saya menjadi geram sendiri, padahal belum tentu mereka melakukan apa yang saya tuduhkan.
/Tiga/
/Empat/
Sekali waktu, ketika duduk di warung internet (warnet), saya tetap ingin melihat seorang anak kecil (atau lebih) yang duduk serius di depan internet. Tentu dalam perasaan yang benar-benar �bersih� dari rasa �cemburu� terhadap kelihaiannya berinternet. Percayalah, saya tidak akan mengumpat: �Bah, anak sekecil ini saja betapa lihai berteknologi,� melainkan mensyukurinya: �Alhamdulillah, anak sekecil ini sudah jago berteknologi�. Saya juga ingin tetap mendapatkan anak-anak yang berseragam sekolah di
Dalam waktu yang relatif singkat semenjak internet pertama
kali terbuka penggunaannya untuk pemakaian umum pada tahun 1986, jaringan
komunikasi ini telah merembah dengan kecepatan luar biasa ke seluruh pelosok
dunia tak terkecuali Indonesia .
Zaman sekarang siapa yang tidak tahu internet? Bagi orang
awam mereka selalu bertanya-tanya apakah internet itu. Internet adalah kumpulan
komputer antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya yang terkait dan
saling berkomunikasi, di mana keterkaitan itu di atur oleh protocol. Dengan
kata lain internet adalah media komunikasi yang menggunakan sambungan seperti
layaknya telepon, yang kemudian tentunya dihubungkan dengan telepon dan modem.
Namun, prinsip internet sangat berbeda jauh dengan telepon yang yang
komunikasinya harus dengan oral dan simultan, pada internet komunikasi umumnya
cukup dengan tertulis tanpa memerlukan waktu yang sama dengan kata lain si
pengirim dan si penerima berita tersebut boleh dalam waktu yang berbeda.
Keberadaan internet mengubah wajah komunikasi dunia yang
sejak lama didominasi oleh perangkat digital non-komputer, seperti telepon,
telegram, fax, menjadi alat komunikasi yang global. Dengan kehadiran internet
kita dapat berkomunikasi di berbagai belahan dunia – bahkan planet – tanpa
dibatasi ruang dan waktu.
Bila di rumah Anda belum terpasang internet, Anda tidak perlu
berkecil hati. Kini telah banyak wartel, warung telekomunikasi, yang tidak
hanya menyediakan jasa fasilitas telepon saja, tapi juga menyediakan jasa
internet. Kita bisa menggunakan (baca:sewa) selama kita mau dan mampu. Tentunya
cukup membayar biaya sewanya dengan harga sewa tersebut yang cukup terjangkau
dengan tarif rata-rata adalah Rp.5.000,-/jam. Lebih jauh tentang warnet,
sekarang jasa internet sudah dikemas dengan lebih apik, nyaman, dan
menyenangkan. Di Jakarta penulis pernah menjumpainya di daerah Blok M Plaza
(lantai IV dan lantai V) yaitu SmashNet dan X-Trac adalah dua tempat gaul
internet yang bisa dikunjungi oleh semua orang (kebanyakan pada umumnya
remaja). Di CitraLand dan Roxy Mas juga terdapat fasilitas semacam ini, hari
Sabtu tempat ini penuh akan antrean remaja yang hobi akan teknologi dan
menjelajahi dunia maya – surfing. Masih satu lagi di Mall Taman Anggrek sebuah
tempat bernama NetCafe yang mengemas dan meramu pojok internetnya lebih
bernuansa café.
Namun, salah satu tantangan yang cukup besar di dunia
internet adalah masalah penggunaan bahasa Inggris. Memang sih, bahasa Inggris
kita masih “pas-pasan” tetapi hal ini dapat kita jadikan suatu pelajaran, ini
merupakan suatu sarana agar kita dapat melatih dan mempraktikan bahasa inggris
kita.
Interactive School Magazine
Majalah sekolah merupakan media yang sangat bermanfaat bagi
para siswa sebagai sarana untuk belajar mengekspresikan diri, menuangkan ide
atau gagasan dalam bentuk tulis-menulis, bahkan sebagai media komunikasi dengan
lingkungan di sekelilingnya. Lebih lanjut manfaat lain bagi sekolah yang
bersangkutan adalah untuk menjalin hubungan dengan para alumninya yang
diharapkan dapat memberikan masukan atau kritikan kepada sistem pendidikan
sekolahnya agar lebih baik pada masa-masa mendatang.
Asking Place
Di media Internet ini banyak sekali tempat-tempat yang
menarik untuk dikunjungi bahkan dirancang untuk memberikan kepuasan rasa ingin
tahu bagi siswa, anak yang melakukan akses. Secara sederhana, dengan
menggunakan mesin pencari (search engine) dalam internet apapun yang kita
inginkan dapat ditemukan, misalnya melalui yahoo.com; altavista.com; lycos.
com; bimasakti.com; google.com dan lain sebagainya.
Salah satu situs yang memberikan informasi menarik bagi para
siswa, guru dan orang tua adalah homepage The Global Schoolhouse. Berbagai
topik telah disiapkan dalam server tersebut untuk dipilih oleh para siswa orang
tua maupun guru yang tertarik lebih jauh lagi. Selain itu, sekali lagi
kemampuan berbahasa Inggris merupakan modal utamanya, sebab sebagian besar
informasi yang ada di sini menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, situs ini juga
link (berhubungan) dengan toko buku yang dapat melakukan jual-beli melalui
internet tersebut.
Satu lagi situs yang dapat penulis temukan adalah Ask ERIC
(askeric.org) yang menyediakan akses internet ke pusat informasi pendidikan
atau ERIC (Education
Resources Information
Center ). Ask ERIC
mencakup tiga sumber informasi utama. Database ERIC sendiri berisi abstrak
lebih dari 950.000 jurnal dan membahas tentang penelitian dan teknik
pendidikan. Ask ERIC Virtual Library menyediakan akses ke perencanaan belajar,
panduan menonton televisi, dan arsip daftar layanan yang berkaitan dengan
pendidikan. Terakhir Ask ERIC Q&A Service berjanji akan menjawab pertanyaan
dengan topik pendidikan, dalam dua hari kerja. Artinya pelayanan yang diberikan
oleh Ask ERIC adalah mencoba untuk memberikan kecepatan dalam memenuhi kepuasan
para pengunjungnya.
Video Teleconference
Sebuah teknologi yang lebih menggembirakan dan menambah semangat
kita semua untuk bergabung dengan internet, pada bagian ini penulis akan
sedikit membahas tentang aktivitas video conference di internet yang dilakukan
oleh murid-murid sekolah di negara-negara maju. Jadi, kalau komputer kita sudah
tersambung dengan internet, maka sebenarnya telah 95% perlengkapan yang kita
butuhkan untuk melakukan video conference telah siap. Sebagian besar perangkat
lunak (software) yang dibutuhkan dapat diperoleh di internet dengan istilah
men-download dari berbagai sponsor yang ada. Tinggal membutuhkan satu lagi alat
dengan apa yang biasa disebut sebagai camera. Ada cukup banyak jenis kamera
digital yang dapat dipergunakan untuk keperluan ini, salah satunya yang paling
murah adalah Connetix QuickCam, yang dapat diperoleh dengan harga yang
terjangkau. Dengan kata lain, sebenarnya untuk melakukan videoconference
peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.
Para peminat videoconference di sekolah-sekolah saat ini
banyak tergabung pada kelompok diskusi e-mail yang berpusat Global School
Network (GSN) dengan tempat berdiskusi yang beralamat di
cu-seeme-schools@gsn.org. Keberadaan teknologi ini, memungkinkan bagi siswa di
seluruh dunia untuk saling berkenalan satu dengan lainnya. Dengan demikian
diharapkan kita akan melihat bangsa-bangsa di dunia akan saling mengenal akan
alam dan budayanya satu sama lain, serta menjadikan seluruh bangsa di dunia ini
akan dapat hidup dalam kedamaian.
Demikian sekilas tentang manfaat Internet bagi anak-anak,
sekolah, dan keluarga. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan semacam
motivasi dan menambah semangat bagi kita semua, minimal dalam menggunakan
Internet dalam proses pendidikan untuk lingkungan keluarga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar