Sabtu, 30 Mei 2015

Makalah TIK tugas IAILM

Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
MAKALAH
MENDESKRIPSIKAN PERANAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM
BAB I
PENDAHULUAN
Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada
masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi
komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing).
Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan
penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan
perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi
pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi
informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor
kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan –
perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen
organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena
itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia
(SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan,
pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan
kemampuan TIK para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan,
perusahaan, UKM (usaha kecil menengah) dan LSM. Sehingga pada
akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi
manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor
kehidupan.
Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
BAB II
PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk
melakukan berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan
sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan
manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.
Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi
antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan,
dan kesehatan.
A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan
para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan
setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya
penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah
satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen
dalam perusahaan, cara lama kebanyakan
B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan
untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai
E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan
jaringan komunikasi internet.
C. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah
diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan
Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui
Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo,
pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
D. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng
perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari
Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data,
audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang
murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang
atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan
terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi
lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
E. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis
untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit
karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat
penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi
pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi
untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi
BAB III
KESIMPULAN
A. SARAN
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan
di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan
hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya
sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi
kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan
peradaban manusia. Namun semua inovasi tersebut hendaknya
harus dibatasi oleh aturan hukum negara dan budaya bangsa
Indonesia.
B. PENUTUP
Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia
untuk lebih berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik
masyarakat Indonesia sehingga mampu meningkatkan image bangsa
di mata bangsa di dunia.

Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. sebagai media interpersonal dan massa;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.

Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda ”usrah”.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi :
•arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;
•kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
•aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
•daya tampung meningkat,
•adanya standardisasi pembelajaran,
•meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.


PENTINGNYA INTERNET di sekolah-sekolah

1 PEMBUKA


2 PENTINGNYA PENGUASAAN CARA MENGGUNAKAN INTERNET


3 INTERNET DAN PENDIDIKAN

Internet di Indonesia umumnya membawa konotasi bisnis. Hal ini mungkin disebabkan Internet masuk melalui Penyelenggara Jasa Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang sifatnya komersial. Maraknya bisnis “dotcom” menambah keyakinan bahwa Internet adalah bisnis. Banyak yang tidak tahu bahwa Internet justru muncul dari lingkungan pendidikan (dalam hal ini perguruan tinggi) dan lembaga penelitian . Bahkan Internet baru boleh dipergunakan untuk bisnis di tahun 1995.

Nilai-nilai (values) yang ada di Internet kental dengan nilai-nilai yang ada di lingkungan pendidikan. Sebagai contoh, konsep menggunakan berkas secara bersama-sama (file sharring) digunakan untuk melakukan penelitian dan pelaporan bersama-sama (research collaboration). Kurangnya tingkat keamanan Internet yang menggunakan teknologi IP versi 4 ini juga disebabkan tingkat kepercayaan yang tinggi di lingkungan perguruan tinggi sehingga tidak membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Masih banyak contoh-contoh lain.

Pendidikan yang ada di Indonesia harus memiliki suatu jaringan internet dalam penyampaian inoformasi, sehingga sekolah-sekolah yang ada di Indonesia dapat bersaing dengan sekolah-sekolah luar negeri. Dengan kata lain internet sebagai media informasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan.
· Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

Banyak sekali manfaat Internet bagi dunia pendidikan. Akan sulit menjabarkan secara rinci seluruh manfaat dari Internet bagi pendidikan dalam makalah yang sangat terbatas ini. Secara singkat manfaatnya adalah menghilangkan atau mengurangi hambatan dari akses ke sumber informasi.

Pada mulanya akses kepada sumber informasi harus melalui media cetak seperti buku, journal dan technical report. Bagi institusi pendidikan di Indonesia (dan di berbagai tempat di dunia) ketersediaan materi ini sangat minim. Perpustakaan sangat kekurangan materi referensi. Bagaimana kita dapat berkompetisi jika tidak memiliki akses kepada sumber pengetahuan? Adanya Internet memungkinkan kita mengakses informasi dari jarak jauh. Meskipun tidak semua buku tersedia di Internet, materi lain sebagai alternatif banyak tersedia. Dengan kata lain, kita mendapat kesempatan yang sama dengan saingan kita di luar negeri.

Akses kepada sumber informasi dapat dilakukan langsung kepada nara sumber atau pakar di bidang yang diminati. Sebelum ada Internet, cara untuk mengakses pakar adalah dengan menggunakan telepon dan fax atau langsung datang ke tempat yang bersangkutan. Cara ini lamban (harus secara fisik pindah tempat), mahal (biaya transportasi dan akomodasi), sulit mencocokkan waktu (perbedaan waktu pagi dan malam menyulitkan untuk komunikasi dengan telepon), serta masih adanya hambatan komunikasi secara verbal (kesulitan dalam segi bahasa, dimana orang Indonesia sering kesulitan dalam berbicara dalam bahasa Inggris tetapi lebih mudah dalam menuliskan apa yang ingin dikomunikasikan kedalam sebuah email dalam bahasa Inggris). Adanya Internet mendobrak hambatan ini sehingga lebih mudah bagi seorang siswa Indonesia untuk berkomunikasi langsung dengan pakar di luar negeri.

Perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuahsistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem ini maka seorang pelajar tidak perlu lagipergi kesekolah seperti layaknya sekolah formal. Namun cukup meluangkan waktunyauntuk bertatap muka dengan dosen atau guru lewat monitor komputer.Demikian jugapelajar tidak hanya memperoleh informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaanbahkan harus pergi ke perpustakaan untuk memperoleh pengetahuan, namun cukup ada didepan monitor, pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia. Bahkan seorang guru akandengan mudah mencari bahan ajar yang sesuai dengan bidangnya dan juga seorang siswadapat mendalami ilmu pengetahuan yang didapatkan dengan didukung kemampuan untukmencari informasi tambahan diluar yang diajarkan oleh guru. Demikian pula masyarakat( wali murid,Dewan pendidikan dan komite sekolah ) juga dapat memberikan masukandan mengontrol sekolah dalam memilih dan menggunakan buku pendidikan yangberkualitas. Dengan demikian akan terjadi perubahan pola pikir serta kreatifitas guru dansiswa serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat , sehingga memiliki wawasan berpikir yang lebih maju dan lebih mudah mencerna informasi yang masuk .
· Hambatan Implementasi Internet di Lingkungan Pendidikan

Pada bagian terdahulu telah dijabarkan manfaat Internet bagi pendidikan. Implementasi Internet di lingkungan pendidikan, khususnya di sekolah, ternyata tidak mudah. Banyak hambatan yang harus dihadapi, antara lain:

Tidak adanya atau sulitnya pendanaan untuk mengadakan fasilitas Internet (perangkat keras, perangkat lunak, konektivitas ke Internet). Masalah ini kami coba pecahkan dengan mendekati vendor, bank dan institusi finansial untuk memberikan bantuan khusus kepada sekolah yang ingin terhubung ke Internet. Pihak penyedia jasa telekomunikasi (PT Telkom dan ISP) juga kami coba dekati untuk memberikan layanan khusus kepada sekolah. Pihak swasta juga kami coba rangkul untuk menyediakan jasa akses secara berbayar akan tetapi murah, seperti melalui warung Internet (warnet).

Belum tersedianya atau kurang guru-guru yang sudah mahir Internet. Masalah ini dicoba dipecahkan dengan memberikan pelatihan (training) kepada beberapa guru. Inisiatif yang sudah kami lakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru dari beberapa SMK di berbagai tempat di Indonesia.

Masih kurangnya dukungan dari Pemerintah dalam bidang pendidikan. Kurikulum teknologi informasi sebaiknya sudah mulai diperkenalkan di sekola-sekolah. Hal ini harus dipecahkan dengan melakukan sosialisasi dan membantu menjabarkan materi atau kurikulum di sekolah tersebut. Sebagai contoh, kami mencoba membantu untuk merumuskan standar kompetensi yang dapat diacu oleh SMK dalam mendidik siswanya. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk Politeknik dan level pendidikan lainnya.

Dukungan Pemerintah dalam hal penyediaan infrastruktur (seperti listrik dan telekomunikasi) dirasa masih kurang. Banyak sekolah yang tertarik untuk menggunakan Internet namun secara fisik belum memungkinkan (jauh dari fasilitas telekomunikasi). Kami menyadari bahwa bentuk geografis yang tersebar membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Akan tetapi kami merasa bahwa investasi di bidang ini bukan merupakan sesuatu yang sia-sia, bahkan merupakan sesuatu yang sangat esensial.

Kurangnya materi pendidikan berbahasa Indonesia yang tersedia secara online di Internet. Masalah ini kami coba pecahkan dengan mengajak berbagai pihak untuk membuat karya-karya yang dapat di-online-kan. Di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, materi kuliah sudah tersedia di website para dosen. Hal yang serupa dapat dilakukan di sekolah-sekolah.

4 PEMASANGAN INTERNET PADA SEKOLAH


Dalam usaha untuk menghubungkan sekolah-sekolah dengan internet, maka Pemerintah mengadakan program seperti Schoolnet yaitu pembuatan jaringan internet pada sekolah-sekolah, serta mengadakan pelatihan-pelatihan untuk guru dan staf tata usaha mengenai komputer dan internet.

5 PENUTUP

Internet sebagai media penyampain informasi mempunyai peranan yang sangat penting, khususnya dalam dunia pendidikan. Manfaat yang diberikan internet sangat besar dalam kemajuan sekolah. Agar internet sebagai media informasi dapat digunakan secara optimal di sekolah-sekolah maka perlu adanya peningkatan mutu sumber daya manusia dan penyediaan Prasarana yang memadai. Semoga Pemerintah selalu mendukung dalam upaya peningkatan penggunan internet yang pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan.

Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan
Nopember 17, 2007 · 12 Tanggapan








Internet Sebagai Media Pendidikan
(Belajar dan Studi Banding Lewat Situs Sekolah, Yuk!)


/Satu/
/Dua/
Suatu kali saya sedang duduk di warung internet (warnet). Di sebelah saya duduk seorang anak, berumur delapan atau sembilan tahun (menurut perhitungan acak saya). Sepejam saya terpana, begitu lihai jemari mungilnya memainkan keyboard komputer. Bah, anak sekecil ini saja betapa lihai berteknologi, umpat saya dalam hati. Kalau diperturutkan godaan sentimental yang memercik dalam diri saya, sungguh, saya cemburu sambil bergerutu: Kenapa ketika seusia dia, saya belum bisa menikmati apa yang dia nikmati sekarang ini. Ini tidak adil!
Tapi api kecemburan itu buru-buru saya padamkan, saya siram. Saya bagi rata pandangan ke seputar ruang warung internet, api itu kembali terpercik, sebab orang-orang yang berseragam sekolah yang tertangkap mata. Bahkan, perasaan tidak jantan itu menjurus ke hal yang lebih ekstrim. Semula saya pertahankan untuk tidak, tapi pertahanan saya patah. Tiba-tiba bergeloralah ia, adalah buruk sangka di dada: Mereka itu pasti sedang melototi situs berlabel tujuh belas tahun ke atas. Kaliankan pelajar, alangkah indahnya jika kalian klik situs-situs pendidikan. Saya menjadi geram sendiri, padahal belum tentu mereka melakukan apa yang saya tuduhkan.
/Tiga/
/Empat/
Sekali waktu, ketika duduk di warung internet (warnet), saya tetap ingin melihat seorang anak kecil (atau lebih) yang duduk serius di depan internet. Tentu dalam perasaan yang benar-benar bersih dari rasa cemburu terhadap kelihaiannya berinternet. Percayalah, saya tidak akan mengumpat: Bah, anak sekecil ini saja betapa lihai berteknologi, melainkan mensyukurinya: Alhamdulillah, anak sekecil ini sudah jago berteknologi. Saya juga ingin tetap mendapatkan anak-anak yang berseragam sekolah di sana. Diharapkan tentunya, saat itu saya tidak digelimangi rasa buruk sangka, tapi hati saya sepenuhnya digelimangi elok sangka: Mereka itu pasti sedang membentangkan situs www.sekolah-online.net atau www.isekolah.org di layar internet. Amin.

Dalam waktu yang relatif singkat semenjak internet pertama kali terbuka penggunaannya untuk pemakaian umum pada tahun 1986, jaringan komunikasi ini telah merembah dengan kecepatan luar biasa ke seluruh pelosok dunia tak terkecuali Indonesia.

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu internet? Bagi orang awam mereka selalu bertanya-tanya apakah internet itu. Internet adalah kumpulan komputer antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya yang terkait dan saling berkomunikasi, di mana keterkaitan itu di atur oleh protocol. Dengan kata lain internet adalah media komunikasi yang menggunakan sambungan seperti layaknya telepon, yang kemudian tentunya dihubungkan dengan telepon dan modem. Namun, prinsip internet sangat berbeda jauh dengan telepon yang yang komunikasinya harus dengan oral dan simultan, pada internet komunikasi umumnya cukup dengan tertulis tanpa memerlukan waktu yang sama dengan kata lain si pengirim dan si penerima berita tersebut boleh dalam waktu yang berbeda.
Keberadaan internet mengubah wajah komunikasi dunia yang sejak lama didominasi oleh perangkat digital non-komputer, seperti telepon, telegram, fax, menjadi alat komunikasi yang global. Dengan kehadiran internet kita dapat berkomunikasi di berbagai belahan dunia – bahkan planet – tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Bila di rumah Anda belum terpasang internet, Anda tidak perlu berkecil hati. Kini telah banyak wartel, warung telekomunikasi, yang tidak hanya menyediakan jasa fasilitas telepon saja, tapi juga menyediakan jasa internet. Kita bisa menggunakan (baca:sewa) selama kita mau dan mampu. Tentunya cukup membayar biaya sewanya dengan harga sewa tersebut yang cukup terjangkau dengan tarif rata-rata adalah Rp.5.000,-/jam. Lebih jauh tentang warnet, sekarang jasa internet sudah dikemas dengan lebih apik, nyaman, dan menyenangkan. Di Jakarta penulis pernah menjumpainya di daerah Blok M Plaza (lantai IV dan lantai V) yaitu SmashNet dan X-Trac adalah dua tempat gaul internet yang bisa dikunjungi oleh semua orang (kebanyakan pada umumnya remaja). Di CitraLand dan Roxy Mas juga terdapat fasilitas semacam ini, hari Sabtu tempat ini penuh akan antrean remaja yang hobi akan teknologi dan menjelajahi dunia maya – surfing. Masih satu lagi di Mall Taman Anggrek sebuah tempat bernama NetCafe yang mengemas dan meramu pojok internetnya lebih bernuansa cafĂ©.
Namun, salah satu tantangan yang cukup besar di dunia internet adalah masalah penggunaan bahasa Inggris. Memang sih, bahasa Inggris kita masih “pas-pasan” tetapi hal ini dapat kita jadikan suatu pelajaran, ini merupakan suatu sarana agar kita dapat melatih dan mempraktikan bahasa inggris kita.

Interactive School Magazine
Majalah sekolah merupakan media yang sangat bermanfaat bagi para siswa sebagai sarana untuk belajar mengekspresikan diri, menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulis-menulis, bahkan sebagai media komunikasi dengan lingkungan di sekelilingnya. Lebih lanjut manfaat lain bagi sekolah yang bersangkutan adalah untuk menjalin hubungan dengan para alumninya yang diharapkan dapat memberikan masukan atau kritikan kepada sistem pendidikan sekolahnya agar lebih baik pada masa-masa mendatang.

Asking Place
Di media Internet ini banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi bahkan dirancang untuk memberikan kepuasan rasa ingin tahu bagi siswa, anak yang melakukan akses. Secara sederhana, dengan menggunakan mesin pencari (search engine) dalam internet apapun yang kita inginkan dapat ditemukan, misalnya melalui yahoo.com; altavista.com; lycos. com; bimasakti.com; google.com dan lain sebagainya.
Salah satu situs yang memberikan informasi menarik bagi para siswa, guru dan orang tua adalah homepage The Global Schoolhouse. Berbagai topik telah disiapkan dalam server tersebut untuk dipilih oleh para siswa orang tua maupun guru yang tertarik lebih jauh lagi. Selain itu, sekali lagi kemampuan berbahasa Inggris merupakan modal utamanya, sebab sebagian besar informasi yang ada di sini menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, situs ini juga link (berhubungan) dengan toko buku yang dapat melakukan jual-beli melalui internet tersebut.
Satu lagi situs yang dapat penulis temukan adalah Ask ERIC (askeric.org) yang menyediakan akses internet ke pusat informasi pendidikan atau ERIC (Education Resources Information Center). Ask ERIC mencakup tiga sumber informasi utama. Database ERIC sendiri berisi abstrak lebih dari 950.000 jurnal dan membahas tentang penelitian dan teknik pendidikan. Ask ERIC Virtual Library menyediakan akses ke perencanaan belajar, panduan menonton televisi, dan arsip daftar layanan yang berkaitan dengan pendidikan. Terakhir Ask ERIC Q&A Service berjanji akan menjawab pertanyaan dengan topik pendidikan, dalam dua hari kerja. Artinya pelayanan yang diberikan oleh Ask ERIC adalah mencoba untuk memberikan kecepatan dalam memenuhi kepuasan para pengunjungnya.
Video Teleconference
Sebuah teknologi yang lebih menggembirakan dan menambah semangat kita semua untuk bergabung dengan internet, pada bagian ini penulis akan sedikit membahas tentang aktivitas video conference di internet yang dilakukan oleh murid-murid sekolah di negara-negara maju. Jadi, kalau komputer kita sudah tersambung dengan internet, maka sebenarnya telah 95% perlengkapan yang kita butuhkan untuk melakukan video conference telah siap. Sebagian besar perangkat lunak (software) yang dibutuhkan dapat diperoleh di internet dengan istilah men-download dari berbagai sponsor yang ada. Tinggal membutuhkan satu lagi alat dengan apa yang biasa disebut sebagai camera. Ada cukup banyak jenis kamera digital yang dapat dipergunakan untuk keperluan ini, salah satunya yang paling murah adalah Connetix QuickCam, yang dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Dengan kata lain, sebenarnya untuk melakukan videoconference peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.
Para peminat videoconference di sekolah-sekolah saat ini banyak tergabung pada kelompok diskusi e-mail yang berpusat Global School Network (GSN) dengan tempat berdiskusi yang beralamat di cu-seeme-schools@gsn.org. Keberadaan teknologi ini, memungkinkan bagi siswa di seluruh dunia untuk saling berkenalan satu dengan lainnya. Dengan demikian diharapkan kita akan melihat bangsa-bangsa di dunia akan saling mengenal akan alam dan budayanya satu sama lain, serta menjadikan seluruh bangsa di dunia ini akan dapat hidup dalam kedamaian.

Demikian sekilas tentang manfaat Internet bagi anak-anak, sekolah, dan keluarga. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan semacam motivasi dan menambah semangat bagi kita semua, minimal dalam menggunakan Internet dalam proses pendidikan untuk lingkungan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar