PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH
Jln. Cimanggu No. 27 RT 02 RW. 06 Desa Sukaratu Kecamatan
Sukaresik Tasikmalaya 46159
Nomor :
02/ PLS / KOBER / III / 2009
Lampiran :
1 (satu) bundel
Perihal :
Permohonanan
Bantuan Dana
Kepada
Yth. BAPAK BUPATI TASIKMALAYA
di
Tasikmalaya
Dipermaklumkan
dengan hormat,
Dengan
ini kami ajukan Proposal Program PLS (Pendidikan Luar Sekolah) Rintisan Program
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dengan rincian sebagai berikut :
1. Lembaga Penyelengara : PAUD
Al Mukhtariyyah
2. Nama Kelompok : Kober Al Mukhtariyyah
3.
Jumlah Warga Belajar : 37
orang
4. Jumlah Tutor :
4 orang
5. Lama Program Belajar : 12
bulan
6. Besar Biaya yang
diusulkan : Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah)
Demikian
Proposal ini kami ajukan, mohon kiranya bapak berkenan menerimanaya. Atas
segala perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
Kepala
Desa Sukaratu
J O K O
|
Tasikmalaya,
18 Februari 2009
Penyelenggara
PAUD Al Mukhtariyyah
Ketua
ENUNG A SETIAWATI
|
Mengetahui
Camat Sukaresik
Drs. IING FARID KHOZIN,
M.Si
NIP. 170 027 557
PROPOSAL
PERMOHONAN
BANTUAN DANA RINTISAN PAUD
A. Latar Balakang
Pendidikan pada masa usia
dini mempunyai kedudukan penting dan strategis demi perkembangan mental anak
dikemudian hari, kesalahan dalam penterapan metode belajar akan menyebabkan
fatal bagi si anak.
Oleh karena itu orientasi
pendidikan anak usia dini diarahkan pada menggali, menanamkan dan mengembangkan
potensi anak, bukan pada penjelajahan otak anak dengan pelbagai disiplin
keilmuan.
Salah satu metode penterapan
pada anak usia dini, KOBER C kelompok bermain yang dikembangkan pemerintah,
dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Departemen
Pendidikan Republik Indonesia .
Dengan pendekatan (APPROACH) KOBER anak disalurkan bakatnya melalui bermain
yang aman sambil belajar, menumbuhkan motivasi belajar pada anak.
Melihat keberhasilan program
tersebut yang kami selenggarakan anemo masyarakat sangat tinggi untuk
mengikutsertakan pendidikan anaknya dilembaga kami pada sisi lain keterbatasan
sarana dan prasarana yang kami miliki memacu lebih kreatif kami, terlebih-lebih
jarak komunitas kampung halaman para peserta didik dari yang telah ada, kami
membuka kelas jauh yang letaknya terpencil atau diperbukitan
B. Tujuan
1.
Tujuan diselenggarakannya PAUD
adalah
1) Memberikan pelayanan
pendidikan pada anak usia dini dan kalangan tidak mampu dan terpencil daerahnya
2)
Menyiapkan, merencanakan dan
menumbuhkembangkan potensi anak usia dini melalui bantuan PAUD agar menjadi
anak cerdas, ceria dan bertaqwa.
3)
Membentuk satuan PAUD yang handal
dan kompentatif dalam percepatan pembahan IPTEK di masyarakat.
2.
Tujuan Kerja Satuan PAUD
1)
Meletakkan pengembangan sikap
(apektif), pengalaman keterampilan (skill) dan daya imajinatif anak dalam interaksi dengan lingkungannya maupun pada
memasuki pendidikan dasar.
2)
Menyiapkan anak didik yang cerdas,
ceria dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
C. Sasaran
1.
Sasaran utama kelompok bermain
PAUD adalah anak usia pra sekolah 0 – 6 tahun terutama dari kalangan tidak
mampu yang berada di lingkungan diselenggarakan PAUD Desa Sukaratu Kecamatan
Sukaresik
2. Semua lapisan
masyarakat luas yang berminat mengikut program PAUD
D. Manfaat
1.
Kelompok Bermain PAUD berfungsi
sebagai wahana pendidikan bagi anak-anak usia dini 0 – 6 tahun yang
mengutamakan kegiatan bermain sambil belajar secara individu maupun kelompok
melalui skegiatan siswa aktif
2.
Berfungsi memberikan pendidikan
sejak dini dan membantu meletakkan dasar ke arah pengembangan sikap, prilaku,
perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik yang diperlukan dalam menyesuaikan diri
dengan lingkungan yang turut mempengaruhi perkembangan mental anak.
E. Lokasi
Adapun nama dan alamat
tempat penyelenggaraan rintisan program PAUD / KOBER Al Mukhtariyyah berlokasi
di Kampung Cimanggu yang merupakan sasaran program PAUD Desa Sukaratu Kecamatan
Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya.
F. Jadwal Pelaksanaan
1.
Rencana Persiapan Kegiatan PAUD
a.
Identifikasi Kebutuhan Sasaran
Sasaran utama kelompok bermain PAUD adalah anak usia 0
– 6 tahun dari semua lapisan masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu
(pra KS) perhatian dan kebutuhan akan pendidikan pada usia dini oleh sekitar
Desa Citamba saat ini cukup tinggi, hal ini dapat kita rekapitulasi data
peserta didik di lembaga Al Mukhtariyyah yang menunjukan kemajuan signifikan.
Potensi ini jika didorong dengan program PAUD dari pemerintah akan lebih pesat
dan bisa mencapai target yang diharapkan menuju anak siap kompetitif memasuki
SD.
b. Membuat instrumen
pendukung kegiatan / sarana prasarana
1)
Peralatan Pendukung Belajar
-
Alat Permainan Edukatif (APE)
-
Alat belajar mengukur dan
menghitung
-
Peralatan kesenian
-
Perlatan percobaan (air, tanah tanaman dll)
2)
Peralatan Pendukung Mainan
-
Ayunan besi / kayu
-
Papan luncur
-
Kuda-kudaan
-
Balok ringan
-
Tongkat mainan
-
Gambar pahlawan, rumah dan pakaian adat
3)
Tempat Proses Pembelajaran
-
Ruang belajar
-
Ruang tenaga pendidik /
administrasi
-
Keuangan tempat bermain
-
Gedung
4)
Sarana dan Prasarana Pembelajaran
-
Meja dan kursi belajar
-
Meja dan kursi tenaga pendidik
-
Lemari dan rak
-
Perlengkapan dan alat tulis kantor
(ATK)
-
Alat penerangan
-
WC
c.
Data Peserta Didik / Tutor
Peserta didik / pembimbing yang akan, menangani
kelompok bermain Al Mukhtariyyah telah terlatih dan berdedikasi tinggi, hal ini
telah terbiasa mengajar di Taman Kanak-kanak yang ada di samping itu mengikuti
bimbingan mengajar dari lembaga dan mengikuti lanjutan sekolah formal, adapun
dan peserta didik adalah sebagai berikut :
DATA REKAPITULASI PENDIDIK
/ TUTOR
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH
No
|
Nama
Lengkap
|
Jenis
Kelamin
|
Pendidikan
Terakhir
|
Ket
|
||||
L
|
P
|
S1/S2
|
D2/D3
|
SLTA/PGTK
|
Lulus
Tahun
|
|||
1
|
Enung
A Setiawati
|
|
P
|
|
|
SMKK
|
1988
|
|
2
|
Kokoy
Siti Asmawati
|
|
P
|
|
|
SMA
|
1993
|
|
3
|
Dik
Dik
|
L
|
|
|
|
MAN
|
2003
|
|
4
|
Ela
|
|
P
|
|
|
MAN
|
2000
|
|
DATA REKAPITULASI PESERTA
DIDIK
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH
No
|
Nama Lengkap
|
Jenis Kelamin
|
Tempat Tgl Lahir
|
Nama Orang Tua
|
Pekerjaan Orang Tua
|
L/ P
|
|||||
1
|
Ani
Trisnawati
|
P
|
Tsm,
21-02-2002
|
Agus
|
Tani
|
2
|
Agung
Gunawan
|
L
|
Tsm,
13-10-2001
|
Engkos
|
Buruh
|
3
|
Atian
Ardiansyah
|
L
|
Tsm,
06-02-2002
|
Mamay
|
Ojeg
|
4
|
Dede
Restiani
|
P
|
Tsm,
03-05-2001
|
Ade
|
Buruh
|
5
|
Dede
Nunung
|
P
|
Tsm,
26-12-2002
|
Dede
|
Buruh
|
6
|
Eni
Humaeroh K
|
P
|
Tsm,
26-12-2002
|
Enang
S
|
Ojeg
|
7
|
Esa
Fauzi
|
P
|
Tsm,
24-04-2002
|
Sidi
|
Buruh
|
8
|
Gilang
Yusuf
|
L
|
Tsm,
01-01-2002
|
Ojo
|
Buruh
|
9
|
Galih
Ramdani
|
L
|
Tsm,
04-12-2001
|
Saepulloh
|
Buruh
|
10
|
Gumilar
Amrullah
|
L
|
Tsm,
26-09-2001
|
Ikin
|
Ojeg
|
11
|
Idham
Ridwan
|
L
|
Tsm,
26-06-2002
|
Enjang
K
|
Polisi
|
12
|
Indra
Wijaya
|
L
|
Tsm,
12-06-2002
|
Cici
|
Tani
|
13
|
Indra
Lesmana
|
L
|
Tsm,
16-05-2002
|
Dadang
|
Tani
|
14
|
Ira
Rahmawati
|
P
|
Tsm,
07-05-2002
|
Pii
|
Buruh
|
15
|
Ibnu
Hiban
|
L
|
Tsm,
08-10-2001
|
Wahyu
P
|
Dagang
|
16
|
Irpan
Munawar
|
L
|
Tsm,
12-08-2002
|
Aziz
|
Dagang
|
17
|
Citra
Mualida
|
P
|
Tsm,
01-04-2002
|
Endang
|
Ojeg
|
18
|
Lelasari
|
P
|
Tsm,
04-03-2002
|
Ajat
|
Tani
|
19
|
Putri
Wanti
|
P
|
Tsm,
27-11-2002
|
Mumu
|
Dagang
|
20
|
Puput
Fuzi Fadillah
|
P
|
Tsm,
04-09-2002
|
Iyan
|
Dagang
|
21
|
Pina
Sopiana
|
P
|
Tsm,
26-10-2002
|
Dadang
|
Dagang
|
22
|
Ranti
Rhamawati
|
P
|
Tsm,
08-01-2002
|
Bunyadi
|
Buruh
|
23
|
Rifa
Rahmadaini
|
P
|
Tsm,
20-12-2002
|
Aas
|
Tukang
Jahit
|
24
|
|
L
|
Tsm,
02-10-2001
|
Maman
|
Wiraswasta
|
25
|
Sahrul
Setiawan
|
L
|
Tsm,
22-06-2001
|
Dede
SW
|
Buruh
|
26
|
Sri
Rahayu
|
P
|
Tsm,
05-11-2001
|
Kodir
|
Tani
|
27
|
Sulistiawan
|
L
|
Tsm,
25-10-2002
|
Undang
|
Tani
|
28
|
Tatan
Rustandi
|
L
|
Tsm,
15-08-2002
|
Ajat
|
Tani
|
29
|
Tiara
Wandasari
|
P
|
Tsm,
26-12-2002
|
Entis
C
|
Buruh
|
30
|
Widia
|
P
|
Tsm,
09-07-2002
|
Waroh
|
Buruh
|
31
|
Wahyu
Abdurrahman
|
L
|
Tsm,
08-09-2002
|
Aceng
|
Dagang
|
32
|
Yani
Maryani
|
P
|
Tsm,
24-02-2001
|
Ijang
|
Buruh
|
33
|
Yadi
Supriadi
|
L
|
Tsm,
05-09-2002
|
Asep
|
Ojeg
|
34
|
Rahmat
Fauzi
|
L
|
Tsm,
21-06-2002
|
Ipin
|
Buruh
|
35
|
Frisca
Kharismaniari
|
P
|
Tsm,
24-04-2002
|
Agus
|
Tani
|
36
|
|
P
|
Tsm,
01-11-2001
|
Koswara
|
Buruh
|
37
|
Adrian
Firmansyah
|
L
|
Tsm,
27-10-2001
|
Yayat
|
Buruh
|
38
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
2.
Rencana Persiapan dan Jadwal
Kegiatan PAUD
a.
Waktu Belajar
-
Proses Kegiatan Pembelajaran Paud
dilaksanakan dalam 1 hari minimal 2 jam @ 60 menit atau disesuaikan dengan
kebutuhan situasi dan kondisi anak didik
-
Proses pembelajaran dalam 1 minggu
6 kali pertemuan kecuali hari Minggu atau hari libur kalender kependidikan
Kabupaten Tasikmalaya dan dikembangkan sesuai kebutuhan dan situasi kondisi
anak didik
-
Proses pendidikan pada PAUD minimal 1 (satu) tahun
atau bisa dilanjutkan sesuai kebutuhan dan situasi.
b.
Proses Pembelajaran PAUD
-
Satuan kegiatan tahunan adalah rencana yang
dilaksanakan dalam 1 tahun.
-
Satuan kegiatan bualanan adalah rencana yang
dilaksanakan selama 1 (satu) bulan.
-
Satuan kegiatan mingguan adalah rencana yang
dilaksanakan selama 1 (satu) minggu.
-
Satuan kegiatan harian adalah rencana yang
dilaksanakan selama 1 (satu) hari.
c.
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
PAUD
-
Penentuan dan Pemilihan Tema
Tenaga pendidik menentukan dan memilih tema yang merupakan pokok bahasan, yang
kemudian dijadikan program kegiatan
dalam operasional / praktik.
-
Metode Pembelajaran
a.
Memilih dan menentukan metode pembelajaran yang
digunakan dalam sistem PAUD.
b.
Metode atau teknik yang digunakan dalam
pembelajaran PAUD dapat dipilih atau penggabungan (integral) dari beberapa
metode yang disesuaikan dengan kemampuan (kapabitas),fasilitas,jenis kegiatan
dan kebutuhan minat dan kemapuan anak,serta lingkungan antara lain :
1)
Metode bercerita
2)
Metode permainan bahasa
3)
Metode sandiwara boneka
4)
Metode tanya jawab
5)
Metode mengucapkan syair
6)
M etode bermain peran role play)
dan
7)
Metode karyawisata
d.
Pemantauan dan Penilaian
1)
Pemantauan
Pemantauan dilaksanakan secara langsung atau tidak
langsung terhadap kegiatan Pembelajaran PAUD yang meliputi perkembangan
pembelajaran sampai pada pelaporan hasil pembelajaran.
2)
Penilaian
Penilaian terdiri dari :
-
Penilaian dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan
sekali (kredit semester) yang dibagi dalam 2 (dua) termen :
·
Penilaian / laporan 3
(tiga) bulan sekali
·
Penilaian semester 6 (enam)
bulan sekali
-
Penilaian kegiatan bermain
didasarkan pada pencapaian perkembangan anak
-
Penilaian berupa “Laporan perkembangan anak” dalam bentuk
uraian tentang perkembangan anak yang telah dicapai pada setiap pertemuan yang
dilaporkan kepada orang tua dalam waktu tertentu (Semester)
-
Dasar penilaian mengacu pada hasil
kary dan kegiatan anak selama proses kegiatan secara rutin.
G. Susunan Pengurus Dan
Tugasnya (JOB POSITION)
1.
Susunan Pengurus Kelompok Bermain Al
Mukhtariyyah Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2008
/ 2009 adalah :
Pembina :
1.
Kepala UPTD Kecamatan Sukaresik
2.
Camat Kecamatan Sukaresik
3.
Penilik PAUD Kecamatan Sukaresik
4.
Kepala Desa Sukaratu
Pengurus Inti
1.
Ketua : Enung A
Setiawati
2.
Sekretaris : Kokoy Siti
Asmawati
3.
Bendahara : Kosasih
Koordinator Program :
1.
Satuan PAUD / Tutor : Enung
A Setiawati
2. Satuan Bermain/Tutor
: Kokoy Siti Asmawati, Ahmad Diki (Dik –
Dik)
2.
Rincian Tugas (Job Description)
Jabatan
|
Tugas
dan Wewenang
|
Pembina
|
§
Memberikan nasehat,
saran, usul baik langsung maupun tidak langsung kepada jajaran pengurus demi
kemajuan kejar PAUD
|
Ketua
Penyelenggara
|
§
Memimpin jalannya
kegiatan belajar satuan PAUD sesuai dengan pedoman penyelenggara PAUD dan
program kegiatan belajar (kurikulum) PAUD
§ Membuat rencana
tugas kepada sekretaris penanggungjawab program kegiatan belajar yang ada
§
Bertanggung jawab kepada
Kasi PAUD
|
Sekretaris
|
§ Mengagendakan surat
masuk dan surat keluar
§
Menata Administrasi PAUD
§
Bertanggungjawab kepada
Ketua Penyelenggara
|
Bendahara
|
§
Menggali sumber dana PAUD
§
Mencatat setiap pemasukan
dan pengeluaran keuangan kerja PAUD
§
Mengatur Pengelolaan
keuangan belajar PAUD
§
Bertanggung jawab kepada
ketua penyelenggara
|
Koordinator
Program Satuan PAUD /Tutor
|
§
Melaksanakan kegiatan
belajar setiap hari
§ Menyusun program
kegiatan belajar, harian, mingguan danbulanan
|
Kelompok
bermain / tutor
|
§
Mendata kebutuhan belajar
§ Mendata, mengabsen
warga belajar / peserta didik
§
Mengadakan evaluasi /
penilai
|
H. RENCANA KEBUTUHAN BIAYA
RINTISAN PROGRAM PAUD
1.
Rencana Kebutuhan Penyelenggaraan
Program PAUD
1)
ATK Penyelenggaraan Program 12
Bulan
2)
Translak Tutor 4 orang
3)
Translak Penyelenggaran program 2
x 12 bulan
4)
Pelaporan Kegiatan progam 1 x 12
bulan
5)
Pendukung Program
2.
Rencana Kebutuhan KBM Program PAUD
1)
ATK Kegiatan Belajar Program 12
bulan
2)
Pengadaan meubelair meja + kursi
WB
3)
Pengadaan meja + kursi tutor
4)
Pengadaan Lemari
5)
Peralatan pendukung belajar
-
Alat permainan fisik di dalam ruangan
-
Alat permainan fisik di luar ruangan
6)
Buku / referensi
3.
Rencana Kebutuhan Gedung Tempat
Proses Pembelajaran
1)
Ruang Belajar
2)
Ruang tenaga pendidik dan
Administrasi
3)
Halaman bermain
4)
Ruang penunjang lainnya (WC, ruang
penyimpanan alat mainan) / sewa
4.
Biaya lain – lain
1)
Supervisi
2)
Monitoring
3)
Evaluasi
4)
Pelaporan
5.
Sumber Dana
1)
Infaq orang tua didik PAUD
2)
Donatur Simpatisan
3)
Sponsor yang tidak mengikat
4)
Bantuan dari pemerntah (belum
pernah menerima
I. DAYA PENDUKUNG
Penyelenggaraan Kegiatan Pembelajaran PAUD
adalah kegiatan yang menumbuhkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya anak
usia dini. Dengan demikian daya dukung pelaksanaan kegiatan PAUD adalah sebagai
berikut.
1.
Kebijakan pemerintah tentang PAUD
2.
Adanya kerjasama lintas sektoral
dalam penanganan kelembagaan, kelompok kerja, komite, forum PAUD dan konsorsium
PAUD
3. Adanya tuntuan
terbentuknya lembaga – lembaga PAUD yang handal di masyarakat
4.
Peran serta masyarakat terutama
tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pendidikan dalam bidang PAUD
J. Tindak Lanjut
Memperhatikan besarnya kebutuan masyarakat
dalam layanan pendidikan anak usia dini anak pra sekolah serta ditunjang dengan
program kebijakan pemerintah melalui keputusan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor : 051/I/2001 tangal 19 April 2001 tentang Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) maka pemerintah Desa Sukaratu Kec. Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya salah
satu program kegiatannya telah mendirikan rintisan program PAUD Kelompok
Bermain Al Mukhtariyyah.
Demikian
Proposal perintisan Kelompok Bermain Al Mukhtarriyah kami susun. Kami sangat
menanti pertimbangan dan dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya
dalam rangka memberdayakan masyarakat, sehingga memperoleh hasil yang optimal.
Maka
tindak lanjut dari proposal rintisan Kejar PAUD ini amat kami perlukan.
Mengetahui,
Kepala
Desa Sukaratu
J O K O
|
Tasikmalaya,
18 Februari 2009
Penyelenggara
PAUD Al Mukhtariyyah
Ketua
ENUNG A SETIAWATI
|
|
|
|
|
Lampiran I
A. Uraian Rincian Biaya Rintisan Program Paud
Kober Al Mukhtariyyah
1.
BIAYA PENYELENGGARAAN PROGREAM PAUD
No
|
U r
a i a n
|
Unit
Satuan
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
Rp.
|
Jumlah Biaya
Rp.
|
1.
2.
3.
4
5
|
Pembelian ATK
Kertas
Buku administrasi
Kertas Karbon
Ordaer
Spidol
- besar
- Kecil
Penghapus, Tip ex
Penggaris
- Panjang
- Pendek
Tinta
Map/ Kertas Karton
Fhoto Copy/ Gambar
Crayon
Translak Tutor
(4 x 12 bulan @ Rp. 150.000,-)
Translak penyelenggara
2 x 12 bulan @ Rp. 150.000,-
Pelaporan Kegiatan PAUD
Pendukung PAUD
JUMLAH
|
rim
paket
pak
buah
buah
buah
buah
buah
buah
buah
paket
paket
paket
OB
OB
Paket
Tim
|
4
1
2
5
5
5
2
5
5
5
1
1
5
48
24
3
1
|
30.000,-
75.000,-
37.500,-
10.000,-
9.000,-
9.000,-
15.000,-
5.000,-
5.000,-
125.000,-
8.000,-
17.000,-
12.500,-
150.000,-
100.000,-
100.000,-
1.000.000,-
|
125.000,-
75.000,-
75.000,-
50.000,-
40.000,-
40.000,-
25.000,-
25.000,-
625.000,-
8.000,-
17.000,-
62.500,-
7.200.000,-
2.400.000,-
300.000,-
1.000.000,-
12.075.000,-
|
Terhitung :
Dua Belas Juta Tujuh Puluh Lima
Ribu Rupiah
2.
BIAYA KEBUTUHAN SARANA DAN
PRASARANA PAUD
No
|
U r a i a n
|
Unit
Satuan
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
Rp.
|
Jumlah Biaya
Rp.
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
ATK
Peserta PAUD
Materi
Pembelajaran
Buku
Penunjang PAUD
Meja
dan Kursi anak didik
Meja
dan kursi tenaga didik/ Tutor
Lemari/
rak
Alat
Permainan Edukatif/ gambar2
Alat
permainan fisik di dalam
Alat
permainan fisik di luar
JUMLAH
|
Set
Set
Buah
Stel
Stel
stel
Paket
Set
set
|
21
21
21
21
2
1
5
4
4
|
5.000,-
20.000,-
20.000,-
150.000,-
175.000,-
750.000,-
100.000,-
200.000,-
600.000,-
|
105.000,-
420.000,-
420.000,-
3.150.000,-
350.000,-
750.000,-
500.000,-
800.000,-
2.400.000,-
8.495.000,-
|
Terhitung :
Delapan Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Lima
Ribu Rupiah
3.
BIAYA PEMELIHARAN TEMPAT
PROSES PEMBELAJARAN PAUD
No
|
Uraian
|
Unit
Satuan
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
Rp.
|
Jumlah Biaya
Rp.
|
1.
2.
|
Penataan
Ruangan
Pengecataan
Ruang Belajar
Pemasangan
Ubin/ kramik Ruang Belajar
JUMLAH
|
Paket
dus
|
2
100
|
315.000,-
30.000,-
|
630.000,-
3.000.000,-
3.630.000,-
|
Terhitung : Tiga Juta Enam Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah
4.
BIAYA LAIN-LAIN PENDUKUNG
PAUD
No
|
Uraian
|
Unit
Satuan
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
Rp.
|
Jumlah Biaya
Rp.
|
1.
2.
|
Kegiatan
Supervisi, Monitoring dan Evaluasi
Pelaporan
JUMLAH
|
Tim
paket
|
1
1
|
500.000,-
300.000,-
|
500.000,-
300.000,-
800.000,-
|
Terhitung
Delapan Ratus Ribu Rupiah
B.
REKAFITULASI KEBUTUHAN BIAYA
No
|
Uraian
|
Unit
Satuan
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
Rp.
|
Jumlah Biaya
Rp.
|
1.
2.
3.
4.
|
Biaya
Penyelenggaraan Program
Biaya
Kebutuhan Sarana dan Prasarana
Biaya
Pemeliharaan Tempat Proses
Biaya
Lain-lain yang mendukung PAUD
JUMLAH
|
-
-
-
-
|
-
-
-
-
|
|
12.075.000,-
8.495.000,-
3.630.000,-
800.000,-
25.000.000,-
|
Terhitung : Dua Puluh Lima Juta Rupiah
Lampiran II
A. Status Kelembagaan PAUD
1.
Nama PAUD : Kober Al Mukhtariyyah
2.
Alamat : Desa Sukaratu
Kec.
Sukaresik Kab. Tasikmalaya
3. Pendiri PAUD : Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat
4.
Didirikan Tanggal : Desember 2006
5. Tempat Bangunan yang
digunakan : TKA Al Mukhtariyyah
6. Status Bangunan
Gedung : Milik Lembaga PEndidikan Agama
7. Status Tanah : Wakaf
B.
Administrasi yang dimiliki
saat ini :
- Buku Induk :
ada
- Buku Absen Guru : ada
- Buku Agenda rapat : ada
- Buku Notulen rapat : ada
- Buku tamu :
ada
- Buku absen Murid : ada
- Buku Rapor :
ada
C.
Sarana Layak Pakai yang
dimiliki saat ini
Sarana
berlajar
§ Meja dan Kursi WB : 11 stel / buah
§ Meja dan Kursi Tutor : 2 stel / buah
§ Lemari buku : 1 buah
§ Papan tulis : 2 buah
§ Balok dan Bola Dunia : -
§ Buku cerita : 1 paket
§ Buku Mewarnai : 1 paket
§ Buku Iqro :
1 paket
§ Gambar dan Photo –
photo : 1 paket
§ Puzzle :
1 paket
§ Luncuran :
1 buah
§ Ayunan :
1 buah
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH
Jln. Cimanggu No. 27 RT 02 RW. 06 Desa Sukaratu Kecamatan
Sukaresik Tasikmalaya 46159
SURAT PERNYATAAN
TIDAK MENGGUNAKAN BANGUNAN MILIK NEGARA
Nomor : 05/LPI/KB/III/2009
Yang bertanda tangan dibawah ini, kami
penyelenggara Program PAUD Kelompok Bermain Al Mukhtariyyah Desa Sukaratu
Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, menyatakan bahwa bangunan yang
dipakai untuk Kelompok Belajar Al Mukhtariyyah adalah betul – betul milik
lembaga dan tidak ada campur tangan kepemilikan pihak lain.
Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk
dijadikan bahan pertimbangan seperlunya.
Mengetahui,
Kepala
Desa Sukaratu
J O K O
|
Tasikmalaya,
18 Februari 2009
Penyelenggara
PAUD Al Mukhtariyyah
Ketua
ENUNG A SETIAWATI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar