Minggu, 31 Mei 2015

Proposal Pembangunan PAUD rintisan - zona IAILM

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH   
Jln. Cimanggu No. 27 RT 02 RW. 06 Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Tasikmalaya 46159

 


Nomor      :   02/ PLS / KOBER / III / 2009
Lampiran :   1 (satu) bundel
Perihal      :   Permohonanan Bantuan Dana
                    
Kepada
Yth. BAPAK BUPATI TASIKMALAYA
di
Tasikmalaya




Dipermaklumkan dengan hormat,
Dengan ini kami ajukan Proposal Program PLS (Pendidikan Luar Sekolah) Rintisan Program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dengan rincian sebagai berikut :

1.      Lembaga Penyelengara          :    PAUD Al Mukhtariyyah  
2.      Nama Kelompok                    :    Kober Al Mukhtariyyah 
3.      Jumlah Warga Belajar            :    37 orang
4.      Jumlah Tutor                          :      4 orang
5.      Lama Program Belajar           :    12 bulan
6.      Besar Biaya yang diusulkan   :    Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah)

Demikian Proposal ini kami ajukan, mohon kiranya bapak berkenan menerimanaya. Atas segala perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.



Kepala Desa Sukaratu



J O K O
Tasikmalaya, 18 Februari 2009
Penyelenggara PAUD Al Mukhtariyyah
Ketua




ENUNG A SETIAWATI  

Mengetahui
Camat Sukaresik






Drs. IING FARID KHOZIN, M.Si
NIP. 170 027 557


PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN DANA RINTISAN PAUD


A.    Latar Balakang
Pendidikan pada masa usia dini mempunyai kedudukan penting dan strategis demi perkembangan mental anak dikemudian hari, kesalahan dalam penterapan metode belajar akan menyebabkan fatal bagi si anak.
Oleh karena itu orientasi pendidikan anak usia dini diarahkan pada menggali, menanamkan dan mengembangkan potensi anak, bukan pada penjelajahan otak anak dengan pelbagai disiplin keilmuan.
Salah satu metode penterapan pada anak usia dini, KOBER C kelompok bermain yang dikembangkan pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Departemen Pendidikan Republik Indonesia. Dengan pendekatan (APPROACH) KOBER anak disalurkan bakatnya melalui bermain yang aman sambil belajar, menumbuhkan motivasi belajar pada anak.
Melihat keberhasilan program tersebut yang kami selenggarakan anemo masyarakat sangat tinggi untuk mengikutsertakan pendidikan anaknya dilembaga kami pada sisi lain keterbatasan sarana dan prasarana yang kami miliki memacu lebih kreatif kami, terlebih-lebih jarak komunitas kampung halaman para peserta didik dari yang telah ada, kami membuka kelas jauh yang letaknya terpencil atau diperbukitan

B.     Tujuan
1.      Tujuan diselenggarakannya PAUD adalah
1)      Memberikan pelayanan pendidikan pada anak usia dini dan kalangan tidak mampu dan terpencil daerahnya
2)      Menyiapkan, merencanakan dan menumbuhkembangkan potensi anak usia dini melalui bantuan PAUD agar menjadi anak cerdas, ceria dan bertaqwa.
3)      Membentuk satuan PAUD yang handal dan kompentatif dalam percepatan pembahan IPTEK di masyarakat.
2.      Tujuan Kerja Satuan PAUD
1)      Meletakkan pengembangan sikap (apektif), pengalaman keterampilan (skill) dan daya imajinatif anak dalam  interaksi dengan lingkungannya maupun pada memasuki pendidikan dasar.
2)      Menyiapkan anak didik yang cerdas, ceria dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.





C.    Sasaran
1.      Sasaran utama kelompok bermain PAUD adalah anak usia pra sekolah 0 – 6 tahun terutama dari kalangan tidak mampu yang berada di lingkungan diselenggarakan PAUD Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik
2.      Semua lapisan masyarakat luas yang berminat mengikut program PAUD

D.    Manfaat
1.      Kelompok Bermain PAUD berfungsi sebagai wahana pendidikan bagi anak-anak usia dini 0 – 6 tahun yang mengutamakan kegiatan bermain sambil belajar secara individu maupun kelompok melalui skegiatan siswa aktif
2.      Berfungsi memberikan pendidikan sejak dini dan membantu meletakkan dasar ke arah pengembangan sikap, prilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik yang diperlukan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang turut mempengaruhi perkembangan mental anak.

E.     Lokasi
Adapun nama dan alamat tempat penyelenggaraan rintisan program PAUD / KOBER Al Mukhtariyyah berlokasi di Kampung Cimanggu yang merupakan sasaran program PAUD Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya.

F.     Jadwal Pelaksanaan
1.      Rencana Persiapan Kegiatan PAUD
a.       Identifikasi Kebutuhan Sasaran
Sasaran utama kelompok bermain PAUD adalah anak usia 0 – 6 tahun dari semua lapisan masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu (pra KS) perhatian dan kebutuhan akan pendidikan pada usia dini oleh sekitar Desa Citamba saat ini cukup tinggi, hal ini dapat kita rekapitulasi data peserta didik di lembaga Al Mukhtariyyah yang menunjukan kemajuan signifikan. Potensi ini jika didorong dengan program PAUD dari pemerintah akan lebih pesat dan bisa mencapai target yang diharapkan menuju anak siap kompetitif memasuki SD.
b.      Membuat instrumen pendukung kegiatan / sarana prasarana
1)      Peralatan Pendukung Belajar
-          Alat Permainan Edukatif (APE)
-          Alat belajar mengukur dan menghitung
-          Peralatan kesenian
-          Perlatan percobaan (air, tanah tanaman dll)
2)      Peralatan Pendukung Mainan
-          Ayunan besi / kayu
-          Papan luncur
-          Kuda-kudaan
-          Balok ringan
-          Tongkat mainan
-          Gambar pahlawan, rumah dan pakaian adat
3)      Tempat Proses Pembelajaran
-          Ruang belajar
-          Ruang tenaga pendidik / administrasi
-          Keuangan tempat bermain
-          Gedung
4)      Sarana dan Prasarana Pembelajaran
-          Meja dan kursi belajar
-          Meja dan kursi tenaga pendidik
-          Lemari dan rak
-          Perlengkapan dan alat tulis kantor (ATK)
-          Alat penerangan
-          WC
c.       Data Peserta Didik / Tutor
Peserta didik / pembimbing yang akan, menangani kelompok bermain Al Mukhtariyyah telah terlatih dan berdedikasi tinggi, hal ini telah terbiasa mengajar di Taman Kanak-kanak yang ada di samping itu mengikuti bimbingan mengajar dari lembaga dan mengikuti lanjutan sekolah formal, adapun dan peserta didik adalah sebagai berikut :

DATA REKAPITULASI PENDIDIK / TUTOR
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH

No
Nama Lengkap
Jenis Kelamin
Pendidikan Terakhir
Ket
L
P
S1/S2
D2/D3
SLTA/PGTK
Lulus Tahun
1
Enung A Setiawati

P


SMKK
1988

2
Kokoy Siti Asmawati

P


SMA
1993

3
Dik Dik
L



MAN
2003

4
Ela

P


MAN
2000









DATA REKAPITULASI PESERTA DIDIK
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH

No
Nama Lengkap
Jenis Kelamin
Tempat Tgl Lahir
Nama Orang Tua
Pekerjaan Orang Tua
L/ P
1
Ani Trisnawati
P
Tsm, 21-02-2002
Agus
Tani
2
Agung Gunawan
L
Tsm, 13-10-2001
Engkos
Buruh
3
Atian Ardiansyah
L
Tsm, 06-02-2002
Mamay
Ojeg
4
Dede Restiani
P
Tsm, 03-05-2001
Ade
Buruh
5
Dede Nunung
P
Tsm, 26-12-2002
Dede
Buruh
6
Eni Humaeroh K
P
Tsm, 26-12-2002
Enang S
Ojeg
7
Esa Fauzi
P
Tsm, 24-04-2002
Sidi
Buruh
8
Gilang Yusuf
L
Tsm, 01-01-2002
Ojo
Buruh
9
Galih Ramdani
L
Tsm, 04-12-2001
Saepulloh
Buruh
10
Gumilar Amrullah
L
Tsm, 26-09-2001
Ikin
Ojeg
11
Idham Ridwan
L
Tsm, 26-06-2002
Enjang K
Polisi
12
Indra Wijaya
L
Tsm, 12-06-2002
Cici
Tani
13
Indra Lesmana
L
Tsm, 16-05-2002
Dadang
Tani
14
Ira Rahmawati
P
Tsm, 07-05-2002
Pii
Buruh
15
Ibnu Hiban
L
Tsm, 08-10-2001
Wahyu P
Dagang
16
Irpan Munawar
L
Tsm, 12-08-2002
Aziz
Dagang
17
Citra Mualida
P
Tsm, 01-04-2002
Endang
Ojeg
18
Lelasari
P
Tsm, 04-03-2002
Ajat
Tani
19
Putri Wanti
P
Tsm, 27-11-2002
Mumu
Dagang
20
Puput Fuzi Fadillah
P
Tsm, 04-09-2002
Iyan
Dagang
21
Pina Sopiana
P
Tsm, 26-10-2002
Dadang
Dagang
22
Ranti Rhamawati
P
Tsm, 08-01-2002
Bunyadi
Buruh
23
Rifa Rahmadaini
P
Tsm, 20-12-2002
Aas
Tukang Jahit
24
Rio Triyanto
L
Tsm, 02-10-2001
Maman
Wiraswasta
25
Sahrul Setiawan
L
Tsm, 22-06-2001
Dede SW
Buruh
26
Sri Rahayu
P
Tsm, 05-11-2001
Kodir
Tani
27
Sulistiawan
L
Tsm, 25-10-2002
Undang
Tani
28
Tatan Rustandi
L
Tsm, 15-08-2002
Ajat
Tani
29
Tiara Wandasari
P
Tsm, 26-12-2002
Entis C
Buruh
30
Widia
P
Tsm, 09-07-2002
Waroh
Buruh
31
Wahyu Abdurrahman
L
Tsm, 08-09-2002
Aceng
Dagang
32
Yani Maryani
P
Tsm, 24-02-2001
Ijang
Buruh
33
Yadi Supriadi
L
Tsm, 05-09-2002
Asep
Ojeg
34
Rahmat Fauzi
L
Tsm, 21-06-2002
Ipin
Buruh
35
Frisca Kharismaniari
P
Tsm, 24-04-2002
Agus
Tani
36
Novi Damayanti
P
Tsm, 01-11-2001
Koswara
Buruh
37
Adrian Firmansyah
L
Tsm, 27-10-2001
Yayat
Buruh
38





39






2.      Rencana Persiapan dan Jadwal Kegiatan PAUD
a.       Waktu Belajar
-          Proses Kegiatan Pembelajaran Paud dilaksanakan dalam 1 hari minimal 2 jam @ 60 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan situasi dan kondisi anak didik
-          Proses pembelajaran dalam 1 minggu 6 kali pertemuan kecuali hari Minggu atau hari libur kalender kependidikan Kabupaten Tasikmalaya dan dikembangkan sesuai kebutuhan dan situasi kondisi anak didik
-          Proses pendidikan pada PAUD minimal 1 (satu) tahun atau bisa dilanjutkan sesuai kebutuhan dan situasi.
b.      Proses Pembelajaran PAUD
-          Satuan kegiatan tahunan adalah rencana yang dilaksanakan dalam 1 tahun.
-          Satuan kegiatan bualanan adalah rencana yang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan.
-          Satuan kegiatan mingguan adalah rencana yang dilaksanakan selama 1 (satu) minggu.
-          Satuan kegiatan harian adalah rencana yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari.
c.       Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran PAUD
-          Penentuan dan Pemilihan Tema
Tenaga pendidik menentukan dan memilih  tema yang merupakan pokok bahasan, yang kemudian dijadikan  program kegiatan dalam operasional / praktik.
-          Metode Pembelajaran
a.        Memilih dan menentukan metode pembelajaran yang digunakan dalam sistem PAUD.
b.        Metode atau teknik yang digunakan dalam pembelajaran PAUD dapat dipilih atau penggabungan (integral) dari beberapa metode yang disesuaikan dengan kemampuan (kapabitas),fasilitas,jenis kegiatan dan kebutuhan minat dan kemapuan anak,serta lingkungan antara lain :
1)      Metode bercerita
2)      Metode permainan bahasa
3)       Metode sandiwara boneka
4)      Metode tanya jawab
5)      Metode mengucapkan syair
6)      M etode bermain peran role play) dan
7)      Metode karyawisata
d.      Pemantauan dan Penilaian
1)      Pemantauan
Pemantauan dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung terhadap kegiatan Pembelajaran PAUD yang meliputi perkembangan pembelajaran sampai pada pelaporan hasil pembelajaran.


2)      Penilaian
Penilaian terdiri dari :
-          Penilaian dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan sekali (kredit semester) yang dibagi dalam 2 (dua) termen :
·         Penilaian / laporan 3 (tiga) bulan sekali
·         Penilaian semester 6 (enam) bulan sekali
-          Penilaian kegiatan bermain didasarkan pada pencapaian perkembangan anak
-          Penilaian berupa “Laporan perkembangan anak” dalam bentuk uraian tentang perkembangan anak yang telah dicapai pada setiap pertemuan yang dilaporkan kepada orang tua dalam waktu tertentu (Semester)
-          Dasar penilaian mengacu pada hasil kary dan kegiatan anak selama proses kegiatan secara rutin.
G.    Susunan Pengurus Dan Tugasnya (JOB POSITION)
1.      Susunan Pengurus Kelompok Bermain Al Mukhtariyyah Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2008 / 2009 adalah :
Pembina                      : 
1.      Kepala UPTD Kecamatan Sukaresik
2.      Camat Kecamatan Sukaresik
3.      Penilik PAUD Kecamatan Sukaresik
4.      Kepala Desa Sukaratu
Pengurus Inti
1.      Ketua                    :  Enung A Setiawati 
2.      Sekretaris              :  Kokoy Siti Asmawati
3.      Bendahara             :  Kosasih
Koordinator Program        :
1.      Satuan PAUD / Tutor  :  Enung A Setiawati
2.      Satuan Bermain/Tutor :  Kokoy Siti Asmawati, Ahmad Diki (Dik – Dik)
2.      Rincian Tugas (Job Description)        
Jabatan
Tugas dan Wewenang
Pembina
§  Memberikan nasehat, saran, usul baik langsung maupun tidak langsung kepada jajaran pengurus demi kemajuan kejar PAUD
Ketua Penyelenggara
§  Memimpin jalannya kegiatan belajar satuan PAUD sesuai dengan pedoman penyelenggara PAUD dan program kegiatan belajar (kurikulum) PAUD
§  Membuat rencana tugas kepada sekretaris penanggungjawab program kegiatan belajar yang ada
§  Bertanggung jawab kepada Kasi PAUD
Sekretaris
§  Mengagendakan surat masuk dan surat keluar
§  Menata Administrasi PAUD
§  Bertanggungjawab kepada Ketua Penyelenggara
Bendahara
§  Menggali sumber dana PAUD
§  Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran keuangan kerja PAUD
§  Mengatur Pengelolaan keuangan belajar PAUD
§  Bertanggung jawab kepada ketua penyelenggara
Koordinator Program Satuan PAUD /Tutor
§  Melaksanakan kegiatan belajar setiap hari
§  Menyusun program kegiatan belajar, harian, mingguan danbulanan
Kelompok bermain / tutor
§  Mendata kebutuhan belajar
§  Mendata, mengabsen warga belajar / peserta didik
§  Mengadakan evaluasi / penilai

H.    RENCANA KEBUTUHAN BIAYA RINTISAN PROGRAM PAUD
1.      Rencana Kebutuhan Penyelenggaraan Program PAUD
1)      ATK Penyelenggaraan Program 12 Bulan
2)      Translak Tutor 4 orang
3)      Translak Penyelenggaran program 2 x 12 bulan
4)      Pelaporan Kegiatan progam 1 x 12 bulan
5)      Pendukung Program
2.      Rencana Kebutuhan KBM Program PAUD
1)      ATK Kegiatan Belajar Program 12 bulan
2)      Pengadaan meubelair meja + kursi WB
3)      Pengadaan meja + kursi tutor
4)      Pengadaan Lemari
5)      Peralatan pendukung belajar
-          Alat permainan fisik di dalam ruangan
-          Alat permainan fisik di luar ruangan
6)      Buku / referensi
3.      Rencana Kebutuhan Gedung Tempat Proses Pembelajaran
1)      Ruang Belajar
2)      Ruang tenaga pendidik dan Administrasi
3)      Halaman bermain
4)      Ruang penunjang lainnya (WC, ruang penyimpanan alat mainan) / sewa
4.      Biaya lain – lain
1)      Supervisi
2)      Monitoring
3)      Evaluasi
4)      Pelaporan
5.      Sumber Dana
1)      Infaq orang tua  didik PAUD
2)      Donatur Simpatisan
3)      Sponsor yang tidak mengikat
4)      Bantuan dari pemerntah (belum pernah menerima



I.       DAYA PENDUKUNG
Penyelenggaraan Kegiatan Pembelajaran PAUD adalah kegiatan yang menumbuhkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya anak usia dini. Dengan demikian daya dukung pelaksanaan kegiatan PAUD adalah sebagai berikut.
1.      Kebijakan pemerintah tentang PAUD
2.      Adanya kerjasama lintas sektoral dalam penanganan kelembagaan, kelompok kerja, komite, forum PAUD dan konsorsium PAUD
3.      Adanya tuntuan terbentuknya lembaga – lembaga PAUD yang handal di masyarakat
4.      Peran serta masyarakat terutama tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pendidikan dalam bidang PAUD

J.      Tindak Lanjut
Memperhatikan besarnya kebutuan masyarakat dalam layanan pendidikan anak usia dini anak pra sekolah serta ditunjang dengan program kebijakan pemerintah melalui keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 051/I/2001 tangal 19 April 2001 tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maka pemerintah Desa Sukaratu Kec. Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya salah satu program kegiatannya telah mendirikan rintisan program PAUD Kelompok Bermain Al Mukhtariyyah.
Demikian Proposal perintisan Kelompok Bermain Al Mukhtarriyah kami susun. Kami sangat menanti pertimbangan dan dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya dalam rangka memberdayakan masyarakat, sehingga memperoleh hasil yang optimal.
Maka tindak lanjut dari proposal rintisan Kejar PAUD ini amat kami perlukan.




Mengetahui,
Kepala Desa Sukaratu



J O K O
Tasikmalaya, 18 Februari 2009
Penyelenggara PAUD Al Mukhtariyyah
Ketua




ENUNG A SETIAWATI 


















Lampiran I
A. Uraian Rincian Biaya Rintisan Program Paud Kober Al Mukhtariyyah
1.            BIAYA PENYELENGGARAAN PROGREAM PAUD
No

U r a i a n

Unit
Satuan
Banyaknya
Harga Satuan
Rp.
Jumlah Biaya
Rp.
1.
















2.


3.


4

5


Pembelian ATK
Kertas
Buku administrasi
Kertas Karbon
Ordaer
Spidol
-    besar
-    Kecil
Penghapus, Tip ex
Penggaris
-    Panjang
-    Pendek
Tinta
Map/ Kertas Karton
Fhoto Copy/ Gambar
Crayon

Translak Tutor
(4 x 12 bulan @ Rp. 150.000,-)

Translak penyelenggara
2 x 12 bulan @ Rp. 150.000,-

Pelaporan Kegiatan PAUD

Pendukung PAUD

JUMLAH

rim
paket
pak
buah

buah
buah
buah

buah
buah
buah
paket
paket
paket

OB


OB


Paket

Tim

4
1
2
5

5
5
2

5
5
5
1
1
5

48


24


3

1


30.000,-
75.000,-
37.500,-
10.000,-

9.000,-
9.000,-
15.000,-

5.000,-
5.000,-
125.000,-
8.000,-
17.000,-
12.500,-

150.000,-


100.000,-


100.000,-

1.000.000,-



125.000,-
75.000,-
75.000,-
50.000,-

40.000,-
40.000,-


25.000,-
25.000,-
625.000,-
8.000,-
17.000,-
62.500,-

7.200.000,-


2.400.000,-


300.000,-

1.000.000,-

12.075.000,-
Terhitung : Dua Belas Juta Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah
2.      BIAYA KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA PAUD
No

U r a i a n

Unit
Satuan
Banyaknya
Harga Satuan
Rp.
Jumlah Biaya
Rp.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.


ATK Peserta PAUD
Materi Pembelajaran
Buku Penunjang PAUD
Meja dan Kursi anak didik
Meja dan kursi tenaga didik/ Tutor
Lemari/ rak
Alat Permainan Edukatif/ gambar2
Alat permainan fisik di dalam
Alat permainan fisik di luar

JUMLAH
Set
Set
Buah
Stel
Stel
stel
Paket
Set
set
21
21
21
21
2
1
5
4
4
5.000,-
20.000,-
20.000,-
150.000,-
175.000,-
750.000,-
100.000,-
200.000,-
600.000,-
105.000,-
420.000,-
420.000,-
3.150.000,-
350.000,-
750.000,-
500.000,-
800.000,-
2.400.000,-

8.495.000,-
Terhitung : Delapan Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Lima Ribu Rupiah


3.      BIAYA PEMELIHARAN TEMPAT PROSES PEMBELAJARAN PAUD
No
Uraian
Unit
Satuan
Banyaknya
Harga Satuan
Rp.
Jumlah Biaya
Rp.

1.
2.



Penataan Ruangan
Pengecataan Ruang Belajar
Pemasangan Ubin/ kramik Ruang Belajar

JUMLAH


Paket
dus

2
100

315.000,-
30.000,-

630.000,-
3.000.000,-

3.630.000,-
Terhitung : Tiga Juta Enam Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah
4.      BIAYA LAIN-LAIN PENDUKUNG PAUD
No
Uraian
Unit
Satuan
Banyaknya
Harga Satuan
Rp.
Jumlah Biaya
Rp.
1.

2.



Kegiatan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi
Pelaporan

JUMLAH

Tim

paket
1

1
500.000,-

300.000,-
500.000,-

300.000,-

800.000,-
Terhitung Delapan Ratus  Ribu Rupiah

B.           REKAFITULASI KEBUTUHAN BIAYA
No
Uraian
Unit
Satuan
Banyaknya
Harga Satuan
Rp.
Jumlah Biaya
Rp.
1.
2.
3.
4.


Biaya Penyelenggaraan Program
Biaya Kebutuhan Sarana dan Prasarana
Biaya Pemeliharaan Tempat Proses
Biaya Lain-lain yang mendukung PAUD

JUMLAH
-
-
-
-

-
-
-
-

12.075.000,-
8.495.000,-
3.630.000,-
800.000,-

25.000.000,-
Terhitung : Dua Puluh Lima Juta  Rupiah

















Lampiran II
A.    Status Kelembagaan PAUD
1.      Nama PAUD                                          :    Kober Al Mukhtariyyah
2.      Alamat                                                    :    Desa Sukaratu
                                                                          Kec. Sukaresik Kab. Tasikmalaya
3.      Pendiri PAUD                                        :    Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat
4.      Didirikan Tanggal                                   :    Desember 2006
5.      Tempat Bangunan yang digunakan        :    TKA Al Mukhtariyyah
6.      Status Bangunan Gedung                      :    Milik Lembaga PEndidikan Agama
7.      Status Tanah                                           :    Wakaf

B.     Administrasi yang dimiliki saat ini :
  1. Buku Induk                                             :   ada
  2. Buku Absen Guru                                   :   ada
  3. Buku Agenda rapat                                 :   ada
  4. Buku Notulen rapat                                 :   ada
  5. Buku tamu                                               :   ada
  6. Buku absen Murid                                   :   ada
  7. Buku Rapor                                             :   ada

C.    Sarana Layak Pakai yang dimiliki saat ini
Sarana berlajar
§  Meja dan Kursi WB                                :   11 stel / buah
§  Meja dan Kursi Tutor                              :   2 stel / buah
§  Lemari buku                                            :   1 buah
§  Papan tulis                                               :   2 buah
§  Balok dan Bola Dunia                             :   -
§  Buku cerita                                              :   1 paket
§  Buku Mewarnai                                       :   1 paket
§  Buku Iqro                                                :   1 paket
§  Gambar dan Photo – photo                     :   1 paket
§  Puzzle                                                      :   1 paket
§  Luncuran                                                 :   1 buah
§  Ayunan                                                    :   1 buah








PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
KELOMPOK BERMAIN AL MUKHTARIYYAH   
Jln. Cimanggu No. 27 RT 02 RW. 06 Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Tasikmalaya 46159

 





SURAT PERNYATAAN
TIDAK MENGGUNAKAN BANGUNAN MILIK NEGARA
Nomor : 05/LPI/KB/III/2009


Yang bertanda tangan dibawah ini, kami penyelenggara Program PAUD Kelompok Bermain Al Mukhtariyyah Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, menyatakan bahwa bangunan yang dipakai untuk Kelompok Belajar Al Mukhtariyyah adalah betul – betul milik lembaga dan tidak ada campur tangan kepemilikan pihak lain.

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk dijadikan bahan pertimbangan seperlunya.






Mengetahui,
Kepala Desa Sukaratu



J O K O
Tasikmalaya, 18 Februari 2009
Penyelenggara PAUD Al Mukhtariyyah  
Ketua




ENUNG A SETIAWATI 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar