1) Perencanaan
pembelajaran dapat berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran karena :
Jawaban
a. Perencanaan
pembelajaran sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencepai tujuan pembelajaran
sesuai dengan kebutuhan kecepatan dan kesempurnaan siswa
b. Perencanaan
pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat ukur sehingga setiap saat dapat
diketahui ketepatan dan kelambatan kerja yang dapat dijadikan sebagai pola
dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam
kegiatan dan sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur yang terlibat dalam
kegiatan dan sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun
unur murid.
c. Perencanaan
pembelajaran sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
Dalam perencanaan pembelajaran
penerapan konsep dan prinsip pembelajaran berbasis kompetensi untuk
mengupayakan konsistensi kompetensi yang ingin dicapai dalam mengajarkan suatu
mata pelajaran.
Dengan kompetensi yang telah
ditentukan secar tertulis, siapapun yang mengajarkan mata pelajaran tertentu
tidak akan bergeser atau menyimpang dari kompetensi dan materi yang telah
ditentukan
2) Prosedur pembelajaran
harus dilakukan melalui 3 tahap yaitu
a. Perencanaan
b. Pelaksanaan
Pembelajaran
c. Evaluasi
Keterkaitan dan keterpaduan
antara penilaian dan PBM dapat digambarkan pada sikulus di bawah ini :
1) Perencanaan
Dalam penyusunan rencana
mengajar hal – hal yang harus dipertimbangkan meliputi :
Rincian kompetensi yang harus
dicapai siswa, cakupan dan kedalaman materi, indikator pencapaian kompetensi,
pengalaman belajar yang harus dialami siswa, persyaratan sarana belajar yang
diperlukan, dan metode serta prosedur untuk menilai ketercapaian kompetensi
Di dalam sebuah perencanaan
terdapat beberapa komponen yaitu :
a. Identitas mata
pelajaran yang meliputi : nama pelajara, kelas , semester, dan waktu atau
banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan
b. Tujuan yang meliputi
v Standar kompetensi
v Kompetensi Dasar
v Indikator Hasil
belajar
c. Materi standar
d. Metode pembelajaran
e. Prosedur pembelajaran
v Kegiatan awal
(Apersepsi)
v Kegiatan inti
v Kegiatan Akhir
f. Media dan sumber belajar
g. Penilaian
2) Pelaksanaan
Pembelajaran
a. Kegiatan awal
(apersepsi)
Sebelum memasuki materi
pembelajaran biasanya selalu diadakan apersepsi misalnya anak – anak membawa
do’a sebelum pembelajaran di mulai, melakukan tanggung jawab tentang materi
yang telah diajarkan.
b. Kegiatan Inti
Proses penyampaian materi atau
bahan ajar yang dilakukan oleh guru kepada siswa, yang melibatkan kegiatan
fisik maupun mental siswa dalam berinteraksi dan bahan ajar untuk menguasai
kompetensi dasar yang telah ditentukan.
Tradisional
|
Modern
|
v Teacher centred
v Satu metode
v Satu sumber
v Interaksi monolog
|
v Student centred
v Multi media / multi
metode
v Banyak sumber
v Dialog
|
c. Kegiatan Akhir
Sebelum kegiatan pembelajaran
berakhir biasanya selalu diadakan tanya jawab, atau membuat kesimpulan atas
materi yang telah disampaikan,
3) Evaluasi
Evaluasi digunakan sebagai
proses untuk mengukur dan menentukan tingkat ketercapaian kompetensi dan
sekaligus untuk mengukur efekftifitas proses belajar mengajar, tujuan utama
evaluasi adalah untuk memantau kemajuan dan pencapaian belajar siswa sesuai
dengan motoriks kompetensi belajar yang telah ditetapkan.
Evaluasi dapat dibagi menjadi
2 bagian :
a. Tes : tes tertulis, tes lisan, dan perbuatan
b. Non Tes : pemberian
tugas, portopolio, penilaian hasil karya
dan
penelitian
3) Komponen satuan
rencana pembelajaran yaitu
Komponen – komponen yang harus
ada dalam sebuah perencanaan pembelajaran yaitu :
1. Identitas mata
pelajaran
Yang meliputi :
v Satuan pendidikan : Diisi
nama sekolah
v Mata Pelajarna : Diisi
nama mata pelajaran
v Kelas / semester : Diisi
kelas berapa dan semester berapa standar kompetensi tersebut harus dicapai
melalui proses pembelajaran
v Pertemuan ke : Diisi
dengan pertemuan ke berapa meateri tersebut disampaikan
v Alokasi Waktu : Alokasi
waktu yang diperlukan untuk menguasai masing – masing kompetensi
2. Tujuan Pembelajaran
a. Standar Kompetensi : Diisi
dengan rumusan standar kompetensi yang telah dirumuskan dalam kurikulum
b. Kompetensi Dasar : Diisi
dengan kompetensi dasar hasil penjabaran dari standar kompetensi yang telah
dirumuskan dalam kurikulum, penulisan kompetensi dasar harus sesuai dengan
silabus
c. Indikator : Merupakan kompetensi dasar secara spesipik
yang dapat dijadikan ukuran untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar
Indikator dirumuskan dengan kata – kata operasional dan Indikator RPP harus
sesuai dengan Indikator dalam Silabus.
3. Materi Standar
Memuat garis besar atau pokok
– pokok materi yang akan diajarkan yang langsung berkaitan dengan indikator dan
tujuan pembelajaran
4. Metode Pembelajaran
Cara yang digunakan dan
dianggap paling efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa,
misalnya metode ceramah, diskusi tanya jawab.
5. Prosedur Pembelajaran
a. Kegiatan awal, hal –
hal apa saja yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, misalnya siswa berdoa
b. Kegiatna inti
Hal – hal mengenai pembahasan
materi yang dilakukan oleh guru kepada siswanya yang melibatkan kegiatan fisik
maupun mental siswa dalam beriteraksi dengan bahan ajar untuk mencapai
penguasaan kompetensi dasar dan tujuan
c. Kegiatan Akhir :
proses kegiatan sebelum proses pembelajaran selesai
6. Media dan Sumber
Belajar
a. Media pembelajaran
alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran agar bisa mencapai
tujuan, misalnya gambar, peta, grafik dan bagan
b. Sumber belajar
Jenis sumber atau bukan
rujukan, referensi atau literatur yang diperlukan dalam proses pembelajaran
7. Penilaian
Prosedur yang digunakan untuk
menilai pencapaian belajar siswa, misalnya tes tertulis, tes lisan, pemberian tugas.
4) Perencanaan
pembelajaran dalam bidang studi pendidikan Agama Islam (SD / SLTP / SLTA)
terlampir
JAWABAN
UJIAN AKHIR
SEMESTER GANJIL
TAHUN AKADEMIK
2008 – 2009
Mata Kuliah : Perencanaan
Pembelajaran
Dosen :
Oyib Sulaeman, M.Si
Oleh :
Nama :
Ade Irwan Septiawan
Fak / Jurusan : Tarbiyah / PAI
Semester :
III (tiga)
INSTITUT AGAMA ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA
2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar