Sabtu, 30 Mei 2015

TUGAS UAS IAILM-Perencanaan Pembelajaran smt III

1)      Perencanaan pembelajaran dapat berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran karena :
Jawaban
a.       Perencanaan pembelajaran sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencepai tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kecepatan dan kesempurnaan siswa
b.      Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat ukur sehingga setiap saat dapat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja yang dapat dijadikan sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan dan sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan dan sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unur murid.
c.       Perencanaan pembelajaran sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
Dalam perencanaan pembelajaran penerapan konsep dan prinsip pembelajaran berbasis kompetensi untuk mengupayakan konsistensi kompetensi yang ingin dicapai dalam mengajarkan suatu mata pelajaran.
Dengan kompetensi yang telah ditentukan secar tertulis, siapapun yang mengajarkan mata pelajaran tertentu tidak akan bergeser atau menyimpang dari kompetensi dan materi yang telah ditentukan
2)      Prosedur pembelajaran harus dilakukan melalui 3 tahap yaitu
a.       Perencanaan
b.      Pelaksanaan Pembelajaran
c.       Evaluasi
Keterkaitan dan keterpaduan antara penilaian dan PBM dapat digambarkan pada sikulus di bawah ini :
 






1)      Perencanaan
Dalam penyusunan rencana mengajar hal – hal yang harus dipertimbangkan meliputi :
Rincian kompetensi yang harus dicapai siswa, cakupan dan kedalaman materi, indikator pencapaian kompetensi, pengalaman belajar yang harus dialami siswa, persyaratan sarana belajar yang diperlukan, dan metode serta prosedur untuk menilai ketercapaian kompetensi
Di dalam sebuah perencanaan terdapat beberapa komponen yaitu :
a.       Identitas mata pelajaran yang meliputi : nama pelajara, kelas , semester, dan waktu atau banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan
b.      Tujuan yang meliputi
v  Standar kompetensi
v  Kompetensi Dasar
v  Indikator Hasil belajar
c.       Materi standar
d.      Metode pembelajaran
e.       Prosedur pembelajaran
v  Kegiatan awal (Apersepsi)
v  Kegiatan inti
v  Kegiatan Akhir
f.        Media dan sumber belajar
g.      Penilaian
2)      Pelaksanaan Pembelajaran
a.       Kegiatan awal (apersepsi)
Sebelum memasuki materi pembelajaran biasanya selalu diadakan apersepsi misalnya anak – anak membawa do’a sebelum pembelajaran di mulai, melakukan tanggung jawab tentang materi yang telah diajarkan.
b.      Kegiatan Inti
Proses penyampaian materi atau bahan ajar yang dilakukan oleh guru kepada siswa, yang melibatkan kegiatan fisik maupun mental siswa dalam berinteraksi dan bahan ajar untuk menguasai kompetensi dasar yang telah ditentukan.
Tradisional
Modern
v  Teacher centred
v  Satu metode
v  Satu sumber
v  Interaksi monolog
v  Student centred
v  Multi media / multi metode
v  Banyak sumber
v  Dialog

c.       Kegiatan Akhir
Sebelum kegiatan pembelajaran berakhir biasanya selalu diadakan tanya jawab, atau membuat kesimpulan atas materi yang telah disampaikan,
3)      Evaluasi
Evaluasi digunakan sebagai proses untuk mengukur dan menentukan tingkat ketercapaian kompetensi dan sekaligus untuk mengukur efekftifitas proses belajar mengajar, tujuan utama evaluasi adalah untuk memantau kemajuan dan pencapaian belajar siswa sesuai dengan motoriks kompetensi belajar yang telah ditetapkan.
Evaluasi dapat dibagi menjadi 2 bagian :
a.       Tes                 :       tes tertulis, tes lisan, dan perbuatan
b.      Non Tes         :       pemberian tugas, portopolio, penilaian hasil karya
                                    dan penelitian

3)      Komponen satuan rencana pembelajaran yaitu
Komponen – komponen yang harus ada dalam sebuah perencanaan pembelajaran yaitu :
1.      Identitas mata pelajaran
Yang meliputi :
v   Satuan pendidikan      :    Diisi nama sekolah
v   Mata Pelajarna            :    Diisi nama mata pelajaran
v   Kelas / semester          :    Diisi kelas berapa dan semester berapa standar kompetensi tersebut harus dicapai melalui proses pembelajaran
v   Pertemuan ke              :    Diisi dengan pertemuan ke berapa meateri tersebut disampaikan
v   Alokasi Waktu            :    Alokasi waktu yang diperlukan untuk menguasai masing – masing kompetensi

2.      Tujuan Pembelajaran
a.    Standar Kompetensi        :    Diisi dengan rumusan standar kompetensi yang telah dirumuskan dalam kurikulum
b.   Kompetensi Dasar           :    Diisi dengan kompetensi dasar hasil penjabaran dari standar kompetensi yang telah dirumuskan dalam kurikulum, penulisan kompetensi dasar harus sesuai dengan silabus
c.    Indikator                         :    Merupakan kompetensi dasar secara spesipik yang dapat dijadikan ukuran untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar Indikator dirumuskan dengan kata – kata operasional dan Indikator RPP harus sesuai dengan Indikator dalam Silabus.

3.      Materi Standar
Memuat garis besar atau pokok – pokok materi yang akan diajarkan yang langsung berkaitan dengan indikator dan tujuan pembelajaran

4.      Metode Pembelajaran
Cara yang digunakan dan dianggap paling efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, misalnya metode ceramah, diskusi tanya jawab.
5.      Prosedur Pembelajaran
a.       Kegiatan awal, hal – hal apa saja yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, misalnya siswa berdoa
b.      Kegiatna inti
Hal – hal mengenai pembahasan materi yang dilakukan oleh guru kepada siswanya yang melibatkan kegiatan fisik maupun mental siswa dalam beriteraksi dengan bahan ajar untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar dan tujuan
c.       Kegiatan Akhir : proses kegiatan sebelum proses pembelajaran selesai

6.      Media dan Sumber Belajar
a.       Media pembelajaran alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran agar bisa mencapai tujuan, misalnya gambar, peta, grafik dan bagan
b.      Sumber belajar
Jenis sumber atau bukan rujukan, referensi atau literatur yang diperlukan dalam proses pembelajaran
7.      Penilaian
Prosedur yang digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa, misalnya tes tertulis,  tes lisan, pemberian tugas.

4)      Perencanaan pembelajaran dalam bidang studi pendidikan Agama Islam (SD / SLTP / SLTA) terlampir








JAWABAN
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN AKADEMIK 2008 – 2009


Mata Kuliah                :    Perencanaan Pembelajaran
Dosen                           :    Oyib Sulaeman, M.Si



 









Oleh :

Nama                      :    Ade Irwan Septiawan
Fak / Jurusan         :    Tarbiyah / PAI
Semester                 :    III (tiga)




INSTITUT AGAMA ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA

2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar